Foto de l'equip Barcelona Atlètic. Barcelona At. 0 Lugo 0. 22 de juny de 1991 (darrer partit lligueta d'ascens a Segona A)

Barcelona At. 0 Lugo 0. 22 de juny de 1991 (darrer partit lligueta d'ascens a Segona A) – Equip Barcelona Atlètic

Foto del 28 de febrer del 1980. Oriol Tort amb Bautista, jugador de les categories inferiors

28 de febrer del 1980. Oriol Tort amb Bautista, jugador de les categories inferiors

Foto de la celebració de l'equip juvenil, Campió d'Espanya (1973)

Celebració equip juvenil Campió d'Espanya (1973)

Imatge de l'equip del Barcelona Atlètic, 14 d'octubre del 1970

14 d'octubre del 1970 Barcelona At. 1 Bilbao At. 4 (Partit disputat al Camp Nou) – Equip del Barcelona Atlètic

Tim cadangan Barça dimulai pada tahun 1901, ketika Sekretaris Dewan dan penyerang tengah Lluís d'Ossó membentuk tim kedua untuk klub yang terbukti cukup berhasil dan bermain dengan berbagai nama, seperti "Acèrrims" atau "Nova Germanor".

Para pemain muda hadirkan inti dari tim-tim legendaris pada tahun 1920-an

Pada tahun 1918, Joan Ragué, Sekretaris Dewan di bawah kepemimpinan Joan Gamper, meluncurkan pembentukan tim anak-anak serta pemain muda, dan pelatih Hungaria Jesza Poszony menjadi orang pertama yang dipekerjakan secara langsung untuk mengawasi struktur tim cadangan, bertanggung jawab untuk tim level keempat, yang masih amatir. Pada kesuksesan Barça di tahun 1920-an, tim pertama, hampir 100% orang Catalan, dipenuhi dengan para pemain yang datang dari tim pemain muda dan cadangan dan klub ini memiliki 1.000 pesepak bola dalam semua kategori.

Rekonstruksi pasca perang dan Espanya Industrial

Pergolakan setelah Perang Sipil Spanyol menyebabkan keseluruhan struktur rusak berat and memerlukan cukup banyak kerja keras dari Ramon Llorens dan Josep Boter untuk membangun kembali dan mencapai sukses besar lagi pada tahun 1940-an dan 50-an.

Pada tahun 1945, FC Barcelona menandatangani perjanjian kerjasama dengan Espanya Industrial, sebuah perusahaan tekstil yang juga memiliki sebuah tim di tempat kerja mereka, yang secara efektif menjadi salah satu tim cadangan Barça. Espanya Industrial dipromosikan ke Divisi Pertama Spanyol pada tahun 1953, namun mereka memutuskan untuk tetap berada di lapisan kedua, sebuah keputusan yang mereka balik tiga tahun kemudian ketika promosi kembali mereka menangkan. Karena tim dengan nama perusahaan tidak diperkenankan masuk ke tingkat teratas, nama mereka diubah dan untuk musim 56/57, tim ini bermain di Divisi Pertama dengan nama Comtal.

Comtal dan Atlètic Catalunya secara bersama-sama pada tahun 1979 menjadi Barça Atlètic

Kendati kerja keras dari pelatih mereka Miquel Gual, Comtal diturunkan peringkatnya dan pada tahun 1957 kembali bermain di divisi kedua, di mana mereka tetap bertahan, dalam berbagai musim pada lapisan ketiga, sampai tahun 1970 saat mereka bergabung dengan tim cadangan Barça lainnya Atlètic Catalunya –yang juga berada di Divisi Ketiga pada saat itu – menjadi Barça Atlètic.

Pada tahun 1965, tim perusahaan dari barrio of Sant Andreu yang dijuluki CD Fabra i Coats juga telah menjadi bagian dari struktur Barça, dan mereka bermain dalam Divisi Ketiga hingga pembentukan Barça Atlètic.

Kesuksesan selama empat puluh tahun

Josep Seguer adalah pelatih pertama dari Barça Atlètic baru yang mulai bermain dalam Divisi Ketiga dan kemudian setelah tahun 1974 dalam kategori A dan B Segona Divisió. Sementara itu, tim muda memenangkan sejumlah gelar dan pembentukan La Masia pada tahun 1979 memberikan dorongan yang menentukan bagi struktur pemain muda, yang pada tahun 1980 diberkati dengan kehadiran Oriol Tort sebagai koordinator, pekerjaan yang telah dipegangnya selama hampir 20 tahun dengan menjadi salah satu pencari bakat hebat sepanjang masa.

Barça Amateur lama, yang selalu menjadi tim ketiga Barça, dibentuk pada tahun 1967 dan selalu bermain dalam liga di bawah Barça Atlètic. Pada tahun 1993, mereka mengganti nama mereka menjadi Barça C dan dihapuskan pada tahun 2007 saat Barça Atletic diturunkan peringkatnya ke Divisi Ketiga.

Pada tahun 1991, peraturan baru menyebabkan Barça Atlètic mengganti nama mereka menjadi Barça B, yang tetap bertahan hingga tahun 2008 saat Guardiola mengangkat mereka ke Segona B, dan mereka kembali dikenal sebagai Barça Atlètic. Nama mereka berganti lagi pada tahun 2010 saat mereka memenangkan promosi ke Segona A dan kembali menjadi Barça B.

Dari tim yang sangat muda ke Barça B itu sendiri, tim paling rendah dari klub ini telah memenangkan banyak gelar sepanjang tahun, baik nasional maupun internasional, namun mungkin yang lebih penting mengingat tujuan mereka adalah untuk melatih para pesepak bola daripada untuk memenangkan kompetisi, mereka telah menghasilkan begitu banyak pemain yang telah berhasil di tim pertama. Kesuksesan dari lini produksi klub ini telah begitu sangat jelas akhir-akhir ini dengan pemain inti dari Tim Pemenang Enam Piala yang berasal dari La Masia dan skuad pemenang Piala Dunia Spanyol yang memiliki 9 pemain dari struktur pemain muda klub ini: Valdés, Reina, Puyol, Piqué, Busquets, Xavi, Iniesta, Cesc dan Pedro, semuanya kecuali Reina dan Cesc menjadi pemain Barça.