11 Neymar

Neymar da Silva Santos Júnior

Depan

Neymar da Silva Santos Junior menandatangani kontraknya sebagai pemain FC Barcelona pada tanggal 3 Juni 2013, setelah kesepakatan yang dibuat antara FC Barcelona dan FC Santos. Dengan 21 tahun, pemain asal Brasil ini menjadi pemain tim utama Blaugrana di musim 2013/2014.

Lahir pada tanggal 5 Febuari 1992 di Mogi das Cruzes (Brasil), Neymar memulai karirnya sebagai pemain sepak bola ketika ia berumur 11 tahun (2003). Dengan cepat ia bersinar dan di tahun 2009 membuat debut dengan tim utama. Pada saat itu, sang pemain depan menjadi pemain yang penting bagi tim Sao Paulo dan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik di Campeonato Paulista.

Pada tahun 2010 Neymar dinobatkan sebagai Pemain Terbaik dan pencetak gol terbanyak di Piala Brasil dengan 11 gol. Di tahun berikutnya rekornya bertambah sebagai Pemain Terbaik tahun 2011. Pemain depan Brasil ini menjadi seorang pemain yang sangat penting bagi timnya, dan di musim yang sama ia memenangkan Piala Libertadores setelah mengalahkan Uruguay (2-1).

Santos, sebagai juara dari Amerika Selatan, bermain di final Piala Dunia Antar Klub pada tahun 2011 dengan FC Barcelona. Pertandingan tersebut berakhir dengan 4-0 kemenangan atas Blaugrana. Neymar bermain dengan baik dan menerima Balón de Bronce ( Bola Perunggu), hanya berada dibelakang Messi dan Iniesta.

Sedangkan dengan tim nasional Brasil, Neymar membuat debut pada tahun 2009 pada Piala Dunia U-17. Setelah Piala Dunia di Afrika Selatan pada tahun 2010 ia bermain mutlak untuk pertama kalinya dengan tim pada sebuah pertandingan persahabatan melawan Amerika dimana ia mencetak satu gol. Neymar saat itu berumur 18 tahun.

Pada tahun 2012, ia berpartisipasi dengan timnas Brasil untuk bermain di Olimpiade yang diselenggarakan di London. Di ibukota Inggris, Neymar bermain dengan aksi yang hebat bersama ‘canarinha’ dan membawa tim ke final. Akhirnya timnas meraih medali perak setelah kalah melawan Mexico

(2-1).

Pada musim panas 2013, tepat sebelum bergabung dengan FC Barcelona, memenangkan Piala Konfederasi dengan Brasil, melakukan satu gol pada pertandingan final melawan Spanyol (3-0) dan dinobatkan sebagai MVP pada kompetisi tersebut.

Profil tehnik

Cepat, lincah, tehnis dan sangat terampil. Ini adalah beberapa gambaran untuk pemain muda asal Brasil. Pemain depan ini dapat bermain di posisi manapun dalam zona penyerang. Sanggup untuk memanfaatkan dengan baik kualitas nya dalam bermain satu lawan satu. Neymar adalah senjata yang mematikan bagi tim lawan manapun.

Si no´10´di timnas Brasil tidak saja merupakan senjata yang berbahaya tapi juga menunjukkan kerendahan hati dan upayanya untuk membantu timnya dalam aspek pertahanan, menekan lawan dengan tujuan untuk merebut kembali bola.

Neymar juga disorot karena kekuatan tembakannya, yang memungkinkannya membuat gol yang spektakuler. Tembakan kuat ini juga berbahaya pada bola mati dan menunjukkan kemampuan yang hebat dalam tendangan bebas.