9 Suárez

Luis Suárez

Depan

Luis Suarez, pemenang Sepatu Emas dan salah satu bintang sepakbola terbesar dunia tiba di Camp Nou musim panas 2014. Pemain striker ini lahir tanggal 24 Januari 1987 di Salto, Uruguay, dikontrak untuk durasi lima musim.

Perjalanan karir Luis Suarez dimulai di klub Nacional de Football  di Montevideo. Bermain disana sampai tahun 2006 sebelum hengkang ke klub Eropa, Groningen, Belanda, di usia 19 tahun. Semusim kemudian, Suarez menjadi pemain Ajax Amsterdam, dimana di klub ini dirinya memerlukan waktu untuk membuktikan kemampuan dirinya. Di musim 2009-2010 Suarez menjadi top skor di Eredivisie dan membawa Ajax lolos ke Liga Champions. Di akhir tahun 2010, dia bermain di lima laga pertama Liga Champions dan di awal 2011 dirinya menjadi bagian dari klub Liverpool.

Di Inggris, dirinya kembali menjadi penyerang yang aktif mencetak gol. Sejak masa karirnya, Suarez selalu mencetak minimal sepuluh gol setiap musimnya di kompetisi liga, baik di Uruguay, Belanda ataupun di Inggris. Di Anfield, evolusinya tak terhentikan. Raihan golnya terus meningkat bersama tim, menduduki peringkat teratas di Liga Premier sejak 24 tahun terakhir. Puncaknya adalah raihan 31 gol dalam 33 laga di musim terakhir bersama Liverpool yang membuatnya menjadi top skor kedua di Liga Premier dan memenangi penghargaan Sepatu Emas yang pertama, berbagi dengan Cristiano Ronaldo.

Luis Suarez juga seorang pemain andalan Uruguay. Penyerang ini membawa tim “Charruas” meraih gelar Copa America tahun 2011, dimana dirinya juga dinamai sebagai pemain terbaik sepanjang turnamen. Bersama Diego Forlan dan Edinson Cavani, kehadiran dirinya sangat diandalkan oleh timnya untuk bermain di laga semifinal Piala Dunia 2010.

Profil tehnik

Pemain Uruguay ini memiliki kecepatan, tak bisa diprediksi, produktif dan memiliki tendangan akurat yang bisa dilakukan oleh kedua kakinya. Atribut inilah yang membuatnya menjadi pemain yang bisa membuat perbedaan di wilayah penalti. Fleksibilitas dirinya tak hanya membuatnya mampu bermain di posisi “9” tetapi juga menyulitkan pemain lawan menahannya di kedua sisi. Suarez, tak hanya seorang pencetak skor terbaik dunia namun di semua tim yang pernah dilakoninya dia adalah sosok menyenangkan yang dekat dengan rekan-rekannya. Bahkan, Suarez berhasil menyelesaikan musim 2013-2014 Liga Premier yang sangat kompetitif dengan baik.