Leo Messi dan Diego Alves telah berhadapan sebanyak 16 kesempatan sepanjang karir mereka dalam sepak bola profesional. Si no. '10'baugrana, mengkonfirmasikan satu proyek yang berkelangsungan sejak di musim 2008/09, dan menjadi figur utama FC Barcelona yang memenangkan seluruh gelar dalam kompetisi. Disanalah kedua pemeran tersebut dipertemukan untuk pertama kalinya, ketika kiper Brasil tersebut membela gawang Almeria.

Selama empat musim Alves berada di tanah Andalusia, ia mulai satu duel khusunya dengan pemain depan asal Argentina ini, yang berhasil menjebol gawangnya sebanyak 7 gol dalam 6 pertandingan dimana keduanya dipertemukan. Tida diantaranya hingga mencapai skor 0-8 di musim 2010/11.

Di musim 2011/12, saat Alves mulai membela gawang Valencia -dimana ia kebobolan 12 gol dalam 10 pertandingan melawan Messi-, rivalitas ini semakin meningkat. Walaupun sepertinya Diego Alves dapat memenangkan pertandingan -menghentikan satu-satunya penalti dari empat yang diluncurkan oleh Messi-  kemenangan mulai berpindah dikarenakan dari pemain yang telah memenangkan lima Ballon d'Or dalam kemenangan blaugrana 5-1 di Camp Nou.

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah blaugrana tidak terhentikan sampai disitu; dua hat-tricks di musim-musim terakhir menandai duel terakhir: di putaran pertama dari musim ini, Messi mencetak dua gol -yang kedua, penalti di babak tambahan- untuk memperlebar 19 yang dicapainya dalam 16 pertandingan melawan kiper asal Brasil.