fcb.portal.reset.password

Leo Messi berada di peringkat teratas topskor dengan mencatat sebelas gol di Liga Champions | MIGUEL RUIZ - FCB

Kompetisi Liga Champions musim 2016/17 sudah berakhir. Setidaknya FC Barcelona sejauh ini sudah menunjukkan perjuangan tanpa lelah untuk bisa sampai di tahap perempat final meski tidak mampu membongkar pertahanan solid Juventus yang berada di atas angin usai mengemas kemenangan 3-0 di putaran pertama.

Meski perjalanan menuju Cardiff terhenti sampai di perempat final, ada beberapa hal yang membanggakan tercatat dalam perjuangan tim di kompetisi Eropa. Berikut rangkumannya:

  • Leo Messi masih teratas di daftar topskor kompetisi Eropa dengan sebelas gol. Dan meski ia tak memiliki lagi kesempatan untuk menambah catatan tersebut, ia masih melenggang di depan dengan catatan tersebut hingga kompetisi benar-benar usai. Dua pesaingnya, Cavani dan Lewandowski, keduanya mengantungi delapan gol, juga tidak lagi berada di dalam turnamen.
  • Sementara itu Neymar Jr, memimpin perolehan assist dengan jumlah delapan. Sekali lagi, pesaing utamanya, Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund (enam), juga tidak berada di empat besar.

  • Neymar Jr juga memimpin catatan dribble di edisi musim ini dengan jumlah 48, lebih banyak 17 dari pesaingnya Dembele dengan jumlah 31. Leo Messi berada di peringkat ketiga dengan jumlah 28 bersama pemain asal Monaco Thomas Lemar, yang masih berada di dalam kompetisi.
  • Luis Enrique sudah memimpin tim melalui tiga kali kompetisi Liga Champions tanpa pernah kalah sekalipun di Camp Nou. Bahkan, hasil 0-0 pada Rabu malam mencatat perolehan 15 kali kemenangan untuk FCB di kandang.
  • Penguasaan bola Barça sebanyak 65,1% hanya dilampaui oleh Bayern Munich dengan 65,8%. Tim asal Bavaria tersebut juga memimpin umpan penuh dengan jumlah 6,366 namun tim Catalan berada di posisi kedua dengan jumlah 5,778.
  • Samuel Umtiti berbarengan dengan pemain Real Madrid Toni Kroos mencatat rerata umpan penuh terbaik dengan jumlah 92,7% dan Gerard Pique menempel dekat dengan jumlah 90,8%.

  • FC Barcelona tersingkir dari kompetisi setelah mencatat 26 gol dari sepuluh laga. Pemain dengan target tepat adalah Messi (11), Neymar jr (4), Arda Turan (4), Luis Suarez (3), Sergi Roberto (1), Andres Iniesta (1) dan Pique (1), juga gol bunuh diri Kurzawa dari PSG.
  • Leo Messi, Luis Suarez dan Ter Stegen semuanya mencatat 810 menit dalam kompetisi (masing-masing sembilan laga). Pemain berikutnya yang paling banyak dipakai oleh Luis Enrique adalah Neymar Jr (797) dan Umtiti (720). 

Kembali keatas