fcb.portal.reset.password

Hristo Stoitxkov, pada Gamper di tahun 1989. FOTO: ARXIU FCB.

Neymar da Silva akan menginjakkan lapangan Camp Nou untuk kedua kalinya malam ini. Yang pertama adalah di hari perkenalannya, yaitu pada pertengahan Juni dan sekarang adalah untuk Trofi Joan Gamper, ia akan bermain untuk pertama kalinya di hadapan para cules. Akan menjadi sebuah laga spesial bagi pemegang nomor 11 Barça ini karena akan berhadapan dengan eks klubnya sendiri, Santos.

Malam penuh mimpi

Tahun ini, Gamper kembali ke fungsi asalnya, yaitu ketika para fans melihat untuk pertama kalinya para pemain kesayangan mereka di Camp Nou di musim baru. Merupakan perkenalan resmi dari tim.

Salah satu momen yang tak terlupakan di masa sebelumnya yaitu bintang dari Brasil lainnya: Romario da Souza. Pada tahun 1993 ia meningglkan jejaknya dengan empat gol dalam dua hari (saat itu Trofi Joan Gamper dalam format semifinal dan final). Sebelas tahun kemudian, Maradona diperkenalkan dihadapan Inter de Porto Alegre dan 110.000 penonton pada malam Trofi Gamper. Dan lama sebelumnya Ronald Koeman diperkenalkan pada tahun 1989 ketika Barça melawan Sochaux.

Tepat satu dekade kemudian, Ronaldinho yang mempertontonkan trik-triknya di Camp Nou. Saat itu, Barça pimpinan Rijkaard telah bermain sebanyak enam pertandingan persiapan, tapi merupakan permainan di kandang sendiri yang pertama.

Tontonan di Montjuïc

Dalam beberapa kasus, Trofi Joan Gamper dimainkan di Stadion Olimpiade Montjuïc karena saat itu lapangan rumput Camp Nou sedang diperbaiki. Hristo Stoitxkov menjadi idola malam itu lewat gol finalnya melawan Anderlecht (1990). Dan juga pada tahun 1996, Ronaldo Nazario, menunjukan permainan dihadapan para cules selama 24 menit melawan San Lorenzo de Almagro.

Rivaldo, pada Gamper yang paling bergejolak

Satu lagi yang pastinya tidak akan pernah melupakan Trofi Gamper adalah Rivaldo. Pada tanggal 14 Agustus 1997 ia bermain pada kejuaraan Teresa Herrera dngan tim Deportivo, hari berikutnya ia dibeli oleh Barça dan pada tanggal 18 telah memakai jersey Blaugrana dalam pertandingan melawan Sampdoria.

Kembali keatas