fcb.portal.reset.password

Leo Messi / FOTO: MIGUEL RUIZ - FCB

[[DES_1]]Kamis kemarin, Ronaldinho membuat sejarah dengan Atlético Mineiro dengan mencetak gol di penalti di semifinal untuk masuk ke babak final Copa Libertadores. Ia merupakan pusat perhatian dari tim nya, sama seperti ketika ia bersama Barça. Dalam wawancaranya dengan Barça TV, Messi mengatakan: “ Sejaka pertama kali saya bergabung di ruang ganti tim utama, Ronaldinho dan pemain Brasil lainnya- Deco, Sylvinho dan Motta- menyambut saya dan membuat segalanya menjadi mudah bagi saya. Tapi khususnya Ronaldinho, karena ia merupajan bintang saat itu. Saya belajar banyak berada di sisinya.” Tegas bintang FC Barcelona dalam sebuah reportase untuk mengenang 10 tahun kedatangan pria kelahiran Brasil ini.

Menurut Messi, Ronaldinho adalah tokoh kunci yang membantunya untuk beradaptasi di dalam tim. “ Dia sangat membantu. Adalah tidak mudah untuk masuk kedalam ruang ganti pada saat berumur 16 tahun khususnya dengan karakter saya. Ronaldinho membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk saya. Saya sangat beruntung mendapatkan pengalaman dan berbagi banyak hal dengannya. Saya dapat berkata bahwa ia adalah seorang yang hebat dan itu adalah yang terpenting.”Saya sangat berterima kasih kepada Rijkaard karena ia tahu apa yang terbaik untuk saya setiap saat

Tapi pujian tidak berhenti sampai disitu,” Ronaldinho adalah orang yang berada dibalik perubahan Barça. Saat itu Barça berada dalam epoka yang buruk dan perubahan yang terjadi sejak kedatangannya adalah luar biasa. Di tahun pertama, ia tidak memenangkan apapun tapi orang-orang mencintai nya. Dan kemudian gelar berdatangan dan dia membuat orang-orang menjadi gembira. Barça harus selalu berterima kasih atas semua yang telah ia lakukan.”Ronaldinho adalah orang yang berada dibalik perubahan Barça. Saat itu Barça berada dalam epoka yang buruk dan perubahan yang terjadi sejak kedatangannya adalah luar biasa

Walaupun begitu, Messi tidak saja hanya berterima kasih atas penerimaan dari Ronaldinho; ia juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Frank Rijkaard: “Terkadang saya tidak mengerti kenapa saya tidak dipilih atau jenapa saya tidak bermain. Tapi sekarang saya melihat dengan kepala dingin, Saya rasa dia memperlakukan saya dengan baik, tanpa terburu – buru. Saya sangat berterima kasih kepada Rijkaard karena ia tahu apa yang terbaik untuk saya setiap saat. Oleh karena itu saya akan selalu berterima kasih kepadanya dan seluruh staff tehnik.”

Satu-satunya penyesalan Messi adalah tidak turut merayakan gelar Liga Champion yang dimenangkan di Paris pada tahun 2006.” Saya sedang dalam masa pemulihan dan saya tidak turut serta sampai final. Saya masih sangat muda saat itu dan saya tidak mau turut serta merayakannya. Kemudian Ronaldinho, Deco dan Motta membawakan trofi kepada saya agar saya dapat merayakannya dan itu adalah kenangan yang indah.”

Reportase mengenai Ronaldinho

Kata-kata dari Leo Messi akan disiarkan di Barça TV pada 21 Juli pada pukul 20:00 waktu setempat, bersamaan dengan peringatan 10 tahun sejaka kedatangan Ronaldinho sebagai pemain FC Barcelona. Dibawah judul 'Cuando el Barça recuperó la sonrisa' (Ketika Barça tersenyum kembali)sebuah dokumental tentang perubahan Barça sejak kedatangan bintang Brasil dari PSG. Program ini juga menampilkan  Puyol, Deco, Sylvinho dan Sandro Rosell, orang yang berada dibalik kedatangan Ronaldinho ke Barcelona.

 

Kembali keatas