fcb.portal.reset.password
Luis Enrique sedang tersenyum

Luis Enrique, saat sebagai pelatih Barça B. FOTO: Miguel RUIZ-FCB.

Jajaran direksi FC Barcelona, yang mengadakan rapat penting senin sore ini, menyetujui nama Luis Enrique Martínez sebagai pelatih tim utama Barça yang baru atas saran dari Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta. Luis Enrique, yang berumur de 44 tahun, menandatangani kontrak dengan FC Barcelona untuk dua musim kedepan.

Akan menjadi etapa yang ketiga bagi Luis Enrique Martínez di Klub, setelah dua etapa sebelumnya yang penuh kesuksesan sebagai pemain dan juga pelatih. Yang pertama ia tiba di Barça pada tahun 1996, berasal dari Real Madrid. Dengan cepat ia memikat hati para fans dengan karakter  yang kompetitif.

Di tiga musim pertamanya, ia memenangkan dua titel Liga, dua Piala Spanyol, dua Piala Eropa dan satu Piala Super Eropa. Selama delapan tahun bermain untuk Barça, Luis Enrique bermain di 300 laga dan mencetak 109 gol dan memakai ban kapten sejak tahun 2002 hingga 2004, hingga akhirnya ia menggantungkan sepatunya sebagai pemain.

Rekor terpecahkan sebagai pelatih tim B

Di tahun 2008, ia kembali. Mengambil alih sebagai pelatih Barça B dan di tahun kedua ia naik ke divisi kedua, membawa para pemain muda tersebut mencapai rekor pencapaian poin dan mengakhirir musim 2010/11 di posisi ketiga.

Setelah menyebarnya berita Luis Enrique akan menempati posisi sebagai pelatih di Barça, AS Roma (tim dimana ia pernah menjadi manajer) menyelamati pria kelahiran kota Asturia tersebut:

 

.@LUISENRIQUE21 te deseamos lo mejor posible como nuevo entrenador del @FCBarcelona_es: adelante Luis!

— AS Roma (@OfficialASRoma) May 19, 2014

Kembali keatas