fcb.portal.reset.password
Puyol dan Xavi sedang menggotong piala

Puyol, dalam sebuah perayaan di Camp Nou. FOTO: Arsip FCB

Carles Puyol pada hari selasa sore  mengumumkan akan meninggalkan Barça di akhir musim. Sang kapten Barça yang telah membuat debutnya lebih dari 14 tahun lalu dengan tim utama, hingga hari ini telah memainkan total 593 pertandingan official dengan Barça dan mencetak 18 gol.

Berikut rangakain jejak nya dalam sepuluh momen:

  • 2 Oktober 1999.  Adalah hari dimana Louis Van Gaal memanggilnya untuk membuat debut dengan tim utama. Yaitu di Valladolid, dalam sebuah laga Liga menggantikan Simao di babak kedua.
  • 21 Oktober 2000. Dengan hanya berumur 22 tahun, Llorenç Serra Ferrer menitahkan Puyol untuk membayang-bayangi Luis Figo, hari dimana Luis Figo kembali ke Camp Nou sebagai pemain Real Madrid. Puyol bermain dengan baik dan Barça menang dengan 2-0.

  • 11 November 2001. Sama seperti debut pertamanya, gol pertamanya juga diciptakan di Valladolid. Melawan tim Pucela, Puyol menempati posisi kanan -selama beberapa tahun ia bermain sebagai winger.
  • 23 Oktober 2002. Legendanya diperkuat dengan salah satu aksi berikut, ketika ia menyelamatkan gawang menggunakan lambang Barça di dadanya, dengan sepenuh hati. Hari itu Barça ditumbangkan oleh Lokomotiv Moscow 1-0 pada Liga Champions.

  • 14 Mei 2005. Lima tahun pertama Puyol di Barça sangatlah sulit. Karena saat itu, blaugrana tidak memenangkan satu gelarpun dengan tim utama hingga musim 2004/05, menariknya merupakan musim pertamanya sebagai kapten. Pada 14 Mei, di Levante, Barça bermain imbang 1-1 dan mengangkat gelar Liga pertamanya bersama Frank Rijkaard sebagai pelatih. Merupakan gelar pertamanya (Puyol)
  • 17 Mei 2006. Seperti Alexanko 14 tahun yang lalu, Carles Puyol adalah orang yang mengangkat piala Liga Champions yang kedua dalam sejarah culé. Malam tersebut sangatlah spesial: perlawan dan kemenangan 2-1 melawan Arsenal dibawah guyuran hujan di Paris. Puyol adalah legenda

Carles Puyol és l’encarregat d’aixecar la segona Lliga de Campions

  • 2 Mei 2009. Puyol mungkin belum pernah bermain sebaik permainan yang ia mainkan di Santiago Bernabéu (6-2). Barça memimpin dengan 2-1. Dan ia merayakannya dengan melepas ban kaptennya dan menciumnya di hadapan penonton.
  • 19 Desember 2009.  Perjalanan Barça terbaik sepanjang sejarah menutup tahun 2009 tak terlupakan dengan memboyong Piala Dunia Antar Klub. Puyol saat itu bermain pada skuad awal dan adalah pemain yang mengangkat piala tersebut di Abu Dhabi.

  • 28 Mei 2011. Pulih kembali dengan waktu yang sangat cepat, Puyol bermain pada beberapa menit sebelum akhir Liga Champion di Wembley. Adalah ketiga kalinya ia memenangkan gelar tersebut, tapi bukannya mengangkat trofi, ia memberikan penghormatan tersebut kepada Éric Abidal, yang sebelumnya menderita tumor hati beberapa bulan sebelumnya.
  • 19 Oktober 2013. Setelah 220 hari tidak dapat bermain karena cedera pada lututnya, Carles Puyol, sekali lagi kembali menggunakan ban kapten saat dia kembali beraksi pada pertandingan melawan Osasuna (0-0).


Kembali keatas