fcb.portal.reset.password

 

Kota Amsterdam dan Barcelona mempunyai hubungan persepakbolaan sejak tiga dekade yang lalu. Sejak saat itu, total terdapat 20 pemain yang memakai kaus Ajax dan FC Barcelona. Dalam daftar nama para pemain terdapat diataranya Johan Cruyff, sampai ke pencetak gol seperti Patrick Kluivert dan Zlatan Ibrahimovic.

Yang pertama di tahun 70-an

Johan Cruyff adalah yang pertama yang memakai jersey keduanya. Bintang di tahun 70-an meninggalkan Ajax untuk bergabung dengan FC Barcelona pada musim panas 1973. Di kemudian hari Cruyff juga memimpin Dream Team Barça dan anak lelakinya, Jordi -bermain di tim muda Ajax sampai tahun 1988 juga bermain di Camp Nou sampai tahun 1966. Selain Cruyff, pada tahun 1974 rekan senegaranya Johan Neeskens meninggalkan Ajax untuk bermain di Barcelona.

Witschge, yang ketiga

15 tahun kemudian, Ajax dan Barça kembali berhubungan. Kali ini dengan pemain Richard Witschge, bermain di Amsterdam sampai tahun 1991. Ia bermain di Camp Nou selama dua tahun. Kemudian kembali lagi ke Ajax.

Akhir tahun 90-an, banjir pemain Belanda

Pada akhir tahun 90-an terjadi ´boom´pemain Belanda. Dengan Louis van Gaal sebagai pelatih, tiba di Camp Nou pemain seperti Winston Bogarde, Frank dan Ronald de Boer, Michael Reiziger dan Patrick Kluivert, semuanya dengan latar belakang dari Ajax. Dan juga terdapat pemain dari Finlandia Jari Litmanen. Pada tahun 2000 tiba Marc Overmars dan di tahun 2004 Edgar Davids bergabung untuk membuat setengah tahun yang luar biasa dibawah komando dari Frank Rijkaard.

Yang terbaru bergabung dengan FC Barcelona adalah Maxwell dan Zlatan Ibrahimovic, yang juga pernah bermain di Ajax.

Perjalan sebaliknya

Pemain yang sebelumnya bermain di Barça kemudian berpindah ke Ajax lebih sedikit dibanding sebaliknya. Yang pertama adalah Michael Laudrup, Blaugrana sampai tahun 1994 dan pemain Ajax di musim 1997/98. Kemudian juga Roger García, Gabri, Oleguer Presas dan yang sedang dipinjamkan Isaac Cuenca. Bojan Krkic, yang pindah minggu lalu adalah hubungan terbaru antara Barcelona dan Amsterdarm.

 


Kembali keatas