fcb.portal.reset.password

Jordi Alba, di hari perkenalannya sebagai pemain Barça / FOTO: ARXIU FCB

Jordi Alba telah menjadi salah satu pemain kunci dari tim Tito Vilanova. Di musim pertama nya dengan FC Barcelona , si nomor punggung 18 ini telah menjadi salah satu pemain penting di lini pertahanan. Dengan kerja keras ia mendapat tempat di hati para pendukung FC Barcelona dan juga dihargai oleh rekan-rekannya.

Yang pertama bergabung di tim Tito Vilanova

Jordi Alba tiba di FC Barcelona setelah Kejuaraan Sepak Bola Eropa 2012. Setelah memenangkan gelar tersebut dengan tim nasional Spanyol, BArça dan Valencia mencapai kesepakatan dengan transfer nya yang sebesar 14 juta euro. Pada tanggal 5 Juli 2012, pemain asal Hospitalet (Barcelona) diperkenalkan sebagai yang pertama bergabung pada era Vilanova di ruang Sala París. "Saya sangat gembira kembali ke rumah dengan keluarga saya. Ini adalah sebuah kesempatan yang sangat besar untuk saya. Disini terdapat para pemain terbaik dan harus berada di nivel yang tinggi untuk berada bersama mereka. Saya menganggapnya sebagai tantangan bukan sebagai tekanan.” Kaya Jordi Alba dihari perkenalan nya sebagai pemain

Pemain sayap kiri ini kembali ke klub yang membesarkannya. Setelah berada tujuh musim di kategori anak-anak FC Barcelona, Jordi Alba meninggalkan La Masia untuk bergabung dengan Cornellà. Disana ia bermain selama dua musim (2005-2007) dan kemudian dua lagi dengan Nàstic Tarragona (2007-2009). Bersama dengan Valencia CF ia membuat lompatana menuju divisi utama (2009-2012)

Pemain tak tergantikan di musim pertama

Nomor punggung '18' di blaugrana ini menjadi salah satu kunci penting pada lini pertahanan. Kecepatan nya di sisi kiri dalam serangan dan pertahanan dan kekuatannya telah menjadi pemain tetap yang tak tergantikan di FC Barcelona.

Di musim pertamanya, ia hanya tidak bermain di sembilan pertandingan Liga. Pada bulan Maret, tahun ini, ia menderita perenggangan pada paha belakang kaki kanannya dalam sebuah pertandingan tim Spanyol dengan Finlandia. Selain itu, bek belakang Barça ini menunjukkan kemampuannya pada tingkat tinggi dan menjadi pemain yang sangat diperlukan untuk memenangkan gelar Liga ke-22 bagi Klub.

Statistik yang baik

Jordi Alba telah bermain di 29 pertandingan Liga musim ini. 27 diantaranta bermain penuh selama 90 menit. Ia merupakan pemain ketiga terbanyak yang memberi operan dalam turnamen ini, dengan 2.460 passing, hanya berada dibelakang Xavi (2.997) dan pemain dari Rayo Vallecano, Roberto Trashorras (2.526). Selain itu juga, dengan 88% kredit passing akurasi .

Jordi Alba menjadi pemain tetap di seluruh pertandingan Champions (9) dan mencetak dua gol. Dalam Copa del Rey, bermain di empat pertandingan dan mencetak satu gol di semifinal.

[[BOTOVERMELL::Biografi Jordi Alba++::http://www.fcbarcelona.co.id/football/first-team/staf/para-pemain/jordi-alba::HOR::NF::NO-TRACKING::::::]]

Kembali keatas