fcb.portal.reset.password

Martino, durant el partit. FOTO: MIGUEL RUIZ - FCB

Gerardo ‘Tata’ Martino membuat debutnya sebagai pelatih FC Barcelona dalam pertandingan official malam ini (pagi dini hari Indonesia) dan ia tidak dapat mengharapkan yang lebih baik lagi dari awal Liga musim ini.

“Konsep yang kami gunakan untuk para pemain – yang bukan hal baru, hanya saja diarsipkan – telah kami bawa kembali. Salah satu aspek yang kami tekankan adalah penekanan. Saya sangat puas.” Jelas Martino dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Menjaga Leo Messi

Leo Messi digantikan pada menit ke-70, hal yang tidak biasa terjadi. Tata Martino, dengan jelas menjawab ketika ditanya mengenai keputusan tersebut, “Kami telah berbicara, musim masih panjang dan dengan begini ia dapat beristirahatjika ia tidak bermain setiap menitnya dalam setiap pertandingan. Tidak ada seorangpun yang akan mengeluarkan Messi dari pertandingan jika pertandingan imbang. TApi bisa dilakukan dalam pertandingan dimana kami berada dalam posisi unggul, dengan begini ia dapat menjaga fisiknya.”

Ketika ditanya mengenai penekanan Messi di lini pertahanan Levante, Martino berkata, “Ketika Messi memulai penekanan, opponent melihat bahwa ia mencoba untuk memenangkan kembali penguasaan bola. Semoga ia dapat melakukan hal ini kembali dan rekan-rekan satu tim mengikutinya.”

Selalu dapat ditingkatkan

“Kami dapat lebih inten. Kami dapat memperpanjang penekanan kami dan kami dapat terus melanjutkan untuk mencari alternative lain ketika kami maju kedepan. “ Yang berkata bahwa dalam satu pertandingan tidak dapat ditarik konklusi .” Sangatlah dini untuk membuat analisi global dalam 90 menit. Kita harus bermain lebih banyak pertandingan untuk melihat apa yang kita lakukan.”

Sang manajer kemudian ditanya mengenai Neymar, yang membuat debutnya dengan klub pada pertandingan official. “ Semua ingin melihat Neymar dan Messi bermain bersama. Tapi itu bisa saja menyakitkan para pemain. Saya ingin ia dapat beradaptasi dengan cepat dengan tim, tapi saya tidak ingin memaksa apapun. Kita akan melihat penampilan terbaiknya dalam waktu dekat. Inilah yang saya lihat dan juga keputusan saya.” Kata Martino.

Kesuksesan, berawal dari ketahanan fisik

“Adalah sangat jelasa saya katakana kepada para pemain, tidak aka nada kesuksesan bula kita tidak berada dalam kondisi puncak. Kita tidak bisa mencapai akhir musim dan hanya memiliki 11 pemain yang berada dalam kondisi baik. Kominmen saya adalah untuk membuat pemutaran yang logic dn keputusan ini mungkin tidak akan menyenangkan semua orang.” Yang kemudian memuji penampilan Cesc Fàbregas’ dalam perlawannya dengan Levante.

Zubizarreta: “Kami sangat cocok dengan manajer baru”

"Kami sangat cocok dengan sang manajer. Saya hanya meminta agar para pemain memiliki kesehatan yang baik. Pada saat ini kami tidak akan memanggil siapapun untuk lini belakang tengah. Kami baik-baik saja dengan posisi ini." komentar Zubizarreta setelah akhir pertandingan.

 

Kembali keatas