fcb.portal.reset.password

Neymar dan Cesc, gol pertama. FOTO: MIGUEL RUIZ-FCB.

Barça - Real Madrid selalu memberikan banyak gambaran untuk diingat. Tidak saja diingat dengan pesan yang indah bagi Tito Vilanova pada mosaik sebelum awal pertandingan, tapi juga akan diingat dengan gol pertama Neymar di Clásico serta gol luar biasa dari Alexis . Pemain asal Chile, pada menit ke-76 telah memberikan Barça keunggulan di duel maut pertama musim ini. Praktis dan cerdas di babak pertama, dan kemudian menjadi ancaman di babak kedua. Dengan Valdes beberapa kali menjadi penyelamat.

Taktik kejutan

Tuan rumah bermain dengan skema yang berbeda: Busquets, Xavi, Iniesta dan Cesc berada di central, sedangkan Messi dan Neymar berada di lini depan, dengan kebebasan untuk menjelajah dan masuk ke tengah. Madrid juga mempunyai taktik kejutan, dengan Carvajal berada di sayap kanan dan Ramos di central tengah di belakang Bale, Cristiano Ronaldo dan Di María . Yang tidak disangka adalah posisi Bale di false '9'.

O'Rei Neymar

Barça memulai dengan baik . Dan menuruti apa yang dikatakan sang ´boss´dalam konferensi persnya bahwa mereka harus mengontrol bola dan menghindari kehilangan bola di area berbahaya. Kedua pemain central Busquets dan Ramos dengan segera mendapatkan kartu kuning. Kedua tim terlihat tidak nyaman di awal pertandingan. Kemudian adalah Iniesta yang menemukan celah dari kiri, dimana Neymar kemudian memotong dan mengalahkan kiper Diego López di menit ke-18.

Penonton di Camp Nou – yang dipenuhi dengan spanduk dan bendera yang menginginkan kemerdekaan bagi Catalunya- melonjak gembira dengan gol tersebut dan kegembiraan mereka semakin menyemangati permainan tim. Dan beberapa detik kemudian, hampir saja Messi menambahkan skor, tapi sayangnya tendangannya terlalu melebar.

Kontrol dari Barça dan tak terkalahkan Valdés

Sedikit demi sedikit permainan menurun dan menjadi lebih tenang. Hal tersebut adalah keputusan dari tim (khusunya dari otak mereka, Xavi Hernández). Ketika babak pertama hampir berakhir, (menit ke-43), Cristiano Ronaldo mengguncang ketenangan dari sisi kiri dan mengirimkannya kepada Khedira. Tapi kemudian Víctor Valdés, menyelamatkan percobaan skor tersebut. Sebuah percobaan yang mengejutkan tuan rumah untuk menutup babak pertama.

Madrid mengancam

Setelah babak kedua dimulai, kali ini Neymar yang merevitalisasi permainan dan Barça, memperdaya Carvajal dan Diego López menggagalkan percobaan keduanya yang didapat dari assits Iniesta (min 54). Kemudian, Valdes kembali penyelamat mala mini, dengan menahan tembakan dari Cristiano Ronaldo. Madrid mulai berada di tengah dan permainan dibuka kembali.Keteganggan semakin meninggi dan kartu kuning meningkat serta kelelahan mulai nampak dan penguasaan bola juga mulai melemah.

Keindahan permainan Alexis

Martino membawa angin  segar dengan mengganti Alexis untuk Cesc dan kembali ke tradisional 4-3-3. Cristiano yang meneriakan penalti karena sebuah dorongan dari Mascherano dan Benzema telah menguncang tim dengan sebuah tembakan dari luar area..

Dan kemudian munculah Alexis. Ia mengambil bola dari tengah dan menciptakan sedikit celah dari Varane dan membuat tembakan yang indah melewati kepala kiper Diego López (menit ke-76). Dan kemudian Alves hampir saja menambahkan pundi-pundi gol agi Barça. Dan ketika waktu hampir berakhir, Jesé membuat gol untuk Madrid sehingga pertarungan ditutup dengan 2-1 dan mlebarkan jarak dengan lawan bebuyutannya enam poin.

Kembali keatas