fcb.portal.reset.password
Ronaldinho berebut bola dengan Pablo Pinillos.

Ronaldinho dan Pablo Pinillos, saat pertandingan Copa del Rey antara Barça dan Levante / FOTO: ARSIP-FCB

Lawan FC Barcelona selanjutnya pada Copa del Rey adalah Levante. Pasangan tim yang memiliki banyak sejarah ebrsama. Dalam kompetisi KO total telah dimainkan empat eliminasi antara Barça dan tim granota, dengan total sembilan pertandingan dan hasilnya lima kemenangan, dua seri dan dua kalah. Tim Catalan memenangkan tiga dari empat ronde tersebut.

Untuk mengetahui hasil pertama Copa del Rey antara Barça dan Levante, kita harus mundur 88 tahun yang lalu. Pada musim 1925/26, azulgrana bermain pada fase grup melawan Zaragoza dan Levante, dan memenangkan pertandingan dengan hasil 5-0 dan 1-4. Pada edisi kali itu, FC Barcelona mengangkat trofi champion setelah mengalahkan Real Madrid (1-5), Real Unión (2-1) dan pada final, yaitu Atlético de Madrid (1-2).

Sebelum dan sesudah perang saudara

Delapan dekade sebelumnya, pada musim 1934/35, sebelum edisi yang terakhir dari Copa sebelum diinterupsi oleh perang saudara, kedua tim berhadapan di perempat final. Hasil pertemuan saat itu yaitu seri: 2-2 di Barcelona dan 1-1 di Valencia, sehingga pertandingan ketiga dimainkan dan klasifikasi dimenangkan oleh Levante dengan 3-0.

Empat tahun kemudian, setelah konflik berakhir, yaitu di musim 1942/43, Barça mencetak skor 4-1 dan 1-5 melawan Levante.

Pertemuan terakhir, sepuluh tahun yang lalu

Pertemuan terakhir antara Barça dan Levante pada Copa del Rey adalah di musim 2003/04. Tepat sepuluh tahun yang lalu, anak asuhan dari manager Frank Rijkaard memberikan perlawanan kembali skor 1-0 pada putaran pertama dengan pertandingan putaran kedua di Camp Nou dengan gol dari Iniesta, Ronaldinho dan Saviola (3-1).

Kalender pertandingan

Pertandingan putaran pertama perempat final akan dimainkan pada 22 Januari di Ciudad de Valencia (22.00 atau 04:00 WIB) –tiga hari setelah pertandingan Liga- dan putaran kedua akan dimainkan di Camp Nou pada tanggal 29 Januari (22:00 atau 04:00 WIB).


Kembali keatas