fcb.portal.reset.password
Cesc dan Neymar, saling memalingkan wajah sesaat setelah gol dari Ajax

Cesc dan Neymar, setelah gol dari 'Ajax / FOTO: MIGUEL RUIZ - FCB

Kekalahan pertama yang diterima oleh FC Barcelona setelah 21 pertandingan di musim ini.  Adalah Ajax, di pertandingan kelima fase grup Liga Champions, tim yang pertama kalinya dapat mengalahkan anak asuh Gerardo Martino. Dikeluarkannya Veltman dan satu gol dari Xavi saat serangan balasan memberikan harapan kepada Barça, yang akhirnya tidak dapat menghindari kekalahan.

Sekarang, tim harus menunggu hingga 11 Desember untuk memastikan tetap berada di posisi teratas grup. Permainan seri atau kemenangan melawan Celtic menjamin untuk tetap mengepalai di grup dengan tim-tim yang paling kuat.

2-0 saat istirahat

Tuan rumah memulai pertarungan yang paling tersabung. FC Barcelona mendapat kesulitan untuk mendapatkan bola dan Ajax tiba di daerah Pinto dengan berbahaya. Pada menit ke-19, serangan mereka mendapatkan hasil. Sebuah umpan silang dari kanan Van Rhijn diselesaikan dengan gol oleh Serero.

Barça kemudian membaik setelah gol pertama dari Ajax. Neymar Jr. hampir saja mencetak gol dalam satu aksi yang berakhir di ujung. Dan ketika sepertinya Barça mulai memainkan permainan mereka yang biasanya, Hoesen memanfaatkan bola yang melambung dari tangkapan Pinto dan membuat satu gol lagi sebelum jeda istirahat.

Penalti, kartu merah dan 2-1

Banyak perubahan setelah turun istirahat.  Sebuah operan dari Van Rhijn dimanfaatkan sepenuhnya oleh Neymar, yang masuk ke daerah Ajax dan kemungkinan mencetak gol jika tidak dijatuhkan oleh Veltman. Bek belakang Ajax ini langsung mendapat kartu merah dan dikeluarkan untuk aksinya tersebut. XAvi, yang absen pada pertandingan melawan Granada, maju untuk membuat tendangan penalti. Dan ia tidak membuat kesalahan sedikitpun, dan membuat kedudukan menjadi 2-1 dan Barça memiliki 40 menit melawan 10 pemain untuk menyamakan kedudukan.

Turunnya pemain muda

Dan tim tamu mendapat cukup kesempatan untuk mengubah keadaan. Yang terbaik datang untuk Neymar, tapi tetap saja gol tidak dapat dicetak. Ajax membela dengan sangat baik, dan bahkan keputusan untuk memposisikan Piqué di posisi menyerang tidak dapat memecahkan pertahanan mereka.

Kemudian Tata Martino membuat perubahan sebelum akhir pertandingan. Tata memasukan Patric Gabarrón untuk debut pertamanya bersama tim utama dan menurunkan Sergi Roberto serta Adama Traoré setelah ia membuat debutnya minggu lalu melawan Granada.

Barça telah masuk ke babak klasifikasi selanjutnya, sehingga kekalahan ini tidak terlalu menyakitkan. Sedangkan Ajax tetap harus menang di San Siro untuk bergabung bersama FC Barcelona di final perdelapan.

Kembali keatas