fcb.portal.reset.password

68% dari tim utama Barça berasal dari akademi muda FC Barcelona

Kebijakan FC Barcelona menciptakan pemain pemain masih terus membuahkan hasil. Setiap tahunnya, terdapat semakin banyak pemain berasal dari akademi sendiri yang berada di top level Camp Nou dan musim 2013/14 tidak terkecuali.

Tidak kurang 17 dari 25 pemain tim utama Barça berasal dari tim Barça di level sebelumnya. Ini artinya 68% pemain yang berada dibawah arahan Gerardo ‘Tata’ Martino berasal dari akademi sendiri, persentase tertinggi, dan refleksi yang jelas dari Pep Guardiola dan Tito Vilanova yang lebih memilih mengambil bakat dari dalam.

Peningkatan tiap tahunnya

Pada musim 2008/09, Pep Guardiola dan asistennya, Tito Vilanova mengambil tanggung jawab tim utama setelah memenangkan promosi sebelumnya dari Barça B. 11 dari 24 pemain skuat tim utama tmusim itu (hampir 46%) berasal dari akademi FCB. Ada sedikit penurunan musim selanjutnya, tapi dalam skuat yang lebih kecil (21), ke sepuluh pemain yang berasal dari kademi sesunguhnya memberikan presentasi yang lebih tinggi dengan total 47%.

Di musim selanjutnya terdapat 11 dari 21 pemain. Pemain yang baru adalah Andreu Fontàs. Jeffren keluar pada musim 2011/12, tapi kemudian masuk Thiago Alcántara dan Isaac Cuenca menggantikan tempatnya dan menjadi 12 dari 21, presentasi 57%.

Angka bertambah

Pada 2012, Tito Vilanova mengambil alih dari kepergian Guardiola, dan langkah pertama yang diambilnya yaitu mempromosikan Dos Santos, Bartra dan Montoya. Musim itu adalah, ketika di November 2012, 11 pemain semuanya berasal dari system akademi muda disaat pertandingan di Ciutat de València melawan Levante .

Musim panas ini telah terjadi peningkatan bahkan lebih lagi. Lebih banyak skuat di musim ini, sebanyak 25 pemain dan 68% berasal dari akademi muda klub. Ke-17 dilengkapi berkat promosi dari Sergi Roberto dan Oier, sedangkan Cuenca kembali setelah dipinjamkan ke Ajax.

Xavi Hernández, 23 tahun di FCB

Pemain terlama Barça adalah Xavi Hernández, yang tiba ketika ia berumur 10 tahun dan sekarang ia berumur 35. 15 dari 23 tahunnya tersebut dihabisi di tim utama, hampir setengah dari hidupnya. Menariknya , ketika Xavi baru bergabung dengan Barça, pemain seperti Cristian Tello, Isaac Cuenca, Marc Bartra dan Martín Montoya baru saja lahir.

Yang kedua paling senior dari pemain Barça adalah Carles Puyol. Sang kapten telah berada selama 18 tahun dan membuat debut pertamanya bersama tim utama 14 tahun yang lalu dibawah arahan Louis Van Gaal.

Sergi Roberto terbaru

Anggota dari tim utama yang paling singkat berada di FC Barcelona adalah Sergi Roberto, yang tiba tujuh tahun yang lalu dan setelah bermain selama empat tahun di Barça B, dia akhirnya menetap di skuat tim utama.

Ke 17 pemain tim utama dari akademi muda

Víctor Valdés
Martín Montoya
Gerard Piqué
Cesc Fàbregas
Carles Puyol
Xavi Hernández
Pedro Rodríguez
Andrés Iniesta
Leo Messi
Jonathan Dos Santos
Marc Bartra
Sergio Busquets
Jordi Alba
Cristian Tello
Isaac Cuenca
Sergi Roberto
Oier Olazábal


Kembali keatas