fcb.portal.reset.password

Foto gol pertama Cruyff. FOTO: Arxiu FCB

40 tahun yang lalu, pada hari ini, Johan Cruyff membuat debutnya dengan FC Barcelona – 28 Oktober 1973, ketika kemudian si nomor 1 dunia ini membantu Barça mengalahkan Granada 4-0.

Cruyff bergabung pada 13 Agustus 1973 setelah negosiasi yang panjang dengan Ajax Amsterdam. Tapi, karena masalah birokratik debut dari bintang Belanda ini harus menunggu hingga dua bulan lamanya.

Debut yang berkesan

Hari ketika Cruff membuat debutnya yaitu di jornada ke-8 musim 1973/74 satu hari setelah akhirnya tiba izin transfer dari Federasi Belanda. Fans Barça sudah tidak sabar untuk melihat pemain baru tersebu untuk beraksi, saat itu tim berada di posisi ke-14, dengan hanya memiliki enam poin.

Semua harapan terjawab, dengan Cruyff memimpin tim 4-0 , menang melawan Granada dengan dua gol. Bersama dengan rekan lainnya seperti: Sadurní, Rifé, Torres, Costas, De la Cruz, Juan Carlos, Rexach, Asensi, Cruyff, Sotil dan Marcial mereka menjadi skuad legenda dan akhirnya menjadi juara Liga dengan 8 poin diatas posisi kedua Atletico Madrid.


Kembali keatas