fcb.portal.reset.password

 

Masih satu bulan lagi untuk menuju edisi ke 48 dari turnamen tertua musim panas ini, yang akan dimainkan pada tanggal 2 Agustus melawan tim raksasa Brasil, Santos. Kami telah memilih sepuluh highlights dari sejarah Trofi Joan Gamper untuk dinikmati oleh Anda!


Trofi Joan Gamper yang pertama

Trofi Joan Gamper yang pertama diseleggarakan pada tahun 1966 dalam sebuah turnamen yang diikuti oleh FC Barcelona, FC Cologne, RSC Anderlecht dan FC Nantes. Barça memenangkan turnamen pertama ini dengan mengalahkan tim-tim Jerman tersebut di final (3-1).


Gol terbanyak

Pertandingan antara FC Barcelona dengan Boca Juniors pada tahun 1984 berakhir dengan 9-1 dan masih merupakan kemenangan terbesar dalam 47 tahun tournament ini. Tujuh pemain mencetak gol untuk Barça: Barça (Archibald (2), Alexanco (2), Schuster, Calderé, Carrasco, Esteban dan Marcos) sedangkan Morena mencetak satu gol untuk Argentina.


Jordi Roura bermain pada Piala Gamper di tahun 89

Pada tanggal 23 Agustus 1989, FC Barcelona dan Internacional Porto Alegre bertemu untuk menentukan tempat ketiga dan keempat. Di menit ke 53, seorang pemain muda bernama Jordi Roura masuk menggantikan Julio Salinas. Itu adalah penampilan pertama dan terakhir nya pada Piala Joan Gamper untuk Jordi Roura yang sekarang menjabar sebagai asisten pelatih dari tim utama. Sedangkan pelatih utama, Tito Vilanova, ia tidak pernah turut berpartisipasi sebagai pemain.


Dua kali di stadion Lluís Companys Olympic (1990 dan 1996)

Camp Nou selalu menjadi tempat pelaksanaan dari Trofi Joan Gamper. Tetapi pada tahun 1990 dan 1996, pertandingan dilaksanakan di stadion Lluís Companys Olympic dikarenakan adanya renovasi di Camp Nou.


1996, Trofi Gamper yang terakhir dengan 4 tim

Selama tiga puluh tahun sejak dimulainya, Trofi Joan GAmper adalah turnamen dengan empat tim, dengan dua semi-final dan final serta pertandingan untuk posisi ketiga dan keempat. Turnamen terakhir dengan formasi ini adalah di tahun 1996 dengan tim FC Barcelona, FC Internazionale, RSC Anderlecht dan CA San Lorenzo Almagro. Barça memenangkan trofi tersebut dengan kemenangan 2-1 melawan Inter. Sejak tahun 1997, telah diputuskan dalam turnamen hanya ada dua tim, yaitu Barça dan satu tim undangan.


Pertama kali untuk Santos

Klub dari Brasil ini berpartisipasi yang pertama kalinya pada 25 Agustus 1998 dan setelah pertandingan selama 90 menit, hasil nya adalah imbang. Gol dicetak oleh Rivaldo dan Figo (Barça) dan Anderson serta Ariel (Santos). Barça akhirnya memenangkan adu penalti dengan 5-4. Bulan depan, FC Santos akan berpartisipasi untuk yang kedua kalinya.


Penampilan Messi pada Trofi Gamper 2005

Adalah penampilan besar Messi pertama. PAda tahun 2005, dengan hanya berumur 18 tahun, ia bergabung dengan skuat melawan Juventus. Penampilan la Pulga malam itu sangatlah luar biasa sehingga ia memikat hati para fans di Camp Nou. Dan juga mendapat pujian dari pelatih Juventus saat itu, Fabio Capello.


Pinto bersinar dalam tendangan adu penalti

Pertandingan melawan AC Milan pada tahun 2011 berakhir seri 1-1 dan semua mata di Camp Nou tertuju kepada kiper Barça José Manuel Pinto yang beraksi dengan hebat malam itu. Ia menghentikan tiga penalti dari Pirlo, Seedorf dan Jankulovskuntuk menyelamatkan Trofi Gamper yang ke-45 bagi Barça.


Camp Nou menyambut Ronaldinho

Hampir 900 hari setelah penampilan terakhirnya di Camp Nou, Ronaldinho kembali ke stadion dengan warna AC Milan pada Trofi Gamper di tahun 2010. Adalah kesempatan bagi para fans untuk memberikan penghormatan kepada pemain depan Brasil ini dan pada akhir pertandingan, Carles Puyol memberikan trofi kepada Ronaldinho sebagai kenang-kenangan atas malam yang tak terlupakan.


Cesc membuat debut nya di Camp Nou

Pertandingan pertama Cesc Fàbregas sebagai bagian dari tim FC Barcelona berakhir 5-1 atas kemenangan BArça melawan Napoli pada tahun 2011. Cesc mencetak gol malam itu untuk menambahkan gol dari Messi (2), Seydou Keita dan Pedro Rodríguez.

Kembali keatas