fcb.portal.reset.password

Xavi PHOTO: MIGUEL RUIZ

Xavi PHOTO: MIGUEL RUIZ-FCB.

Xavi PHOTO: ÀLEX CAPARRÓS-FCB.

Dengan berakhirnya musim Liga Spanyol, Xavi Hernadez berbicara dengan surat kabar Catalan, “ Sport” dan bersikeras bahwa Barça tetaplah mendominasi sepak bola seperti yang mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir. Gelandang Catalan ini juga mengatakan ia memilih untuk kalah tapi bermain baik daripada menang tapi bermain buruk. Dan membuat peryataan jelas bahwa ia tidak berfikir unutk pensiun saat ini.

“Anda harus melihat tidak saja hanya hasilnya tapi juga meneliti bagaimana jalannya permainan”

Xavi Hernandez menolak semua klaim yang mengatakan era kesuksesan Barça telah berakhir dalam wawancaranya: “ Membuat saya tertawa ketika orang mengatakan hal tersebut. Saya telah mendegar hal tersebut sejak lama dan sayangnya bagi beberapa orang, hal tersebut tidak pernah terjadi. Orang-orang yang mengatakan hal tersebut hanya tidak menyukai Barça dan kami tidak menghiraukan mereka dan terus menikmati kesuksesan .” Xavi juga menganggap kemenangan Bayern bukan selalu berarti menandai tim terhebat para pertandingan Eropa:” Kita hanya berbicara tentang satu kesuksesan . Apakah berarti Anda mengatakan Chelsea lebih baik dari Bayern ketika mereka mengalahkannya tahun lalu?”

Kekalahan melawan Bayern harus dimasukkan ke dalam catatan

Ditanya tentang kekalahan melawan Bayern pada semi-final Liga Champions, Xavi mengatakan walaupun dengan jelas tim Jerman menang,” Anda harus melihat tidak saja hanya hasilnya tapi juga meneliti bagaimana jalanya pertandingan. Mereka dipaksa untuk mengubah gaya permainan mereka ketika berhadapan dengan kami dan tidak bermain dengan gaya permainan terbuka mereka yang biasa.

Perlu diubah format Copa del Rey

Untuk Xavi, cara terbaik untuk mengurangi tekanan pada pertandingan Spanyol adalah.” Buat Copa del Rey hanya satu permainan, tidak dalam dua putaran. Akan mengurangi jumlah permainan yang akan kami mainkan dan juga permainan menjadi lebih menarik, karena tim kecil mempunyai kesempatan yang lebih baik dalam permainan one-off knock out. Bila Federasi Spanyol menginginkan tim kami untuk mencapai final Liga Champion, mereka harus membantu kami sedikit.”

“Saya tidak suka sepak bola negatif”

Xavi juga menjelaskan bahwa bukanlah hanya kemenangan yang dihitung, tapi juga bagaimana permainan dimainkan,” Saya lebih memilih kalah tapi bermain bagus – sepanjang kami sudah memenangkan Liga tentunya- seperti yang dilakukan Athletic Bilbao pada final Copa del Rey dua tahun yang lalu melawan kami. Mereka mempertahankan gaya penyerangan mereka- dan itu akan saya ingat selamanya, tapi saya sungguh sudah lupa bagaimana Chelsea bermain ketika mereka memenangkan Liga Champion. Saya tidak suka membela diri, sepak bola negatif yang hanya mencari hasil – Saya tidak menikmati permainan seperti itu dan akan membuat saya bosan sampai mati!”

Tidak ada rencana untuk pensiun

Xavi juga ditanya mengenai apakah ia harus memulai memperlambat dan memilih permainannya karena sekarang ia telah berumur 33 tahun, “ Saya mendengar tentang komentar tersebut sejak tiga atau empat tahun yang lalu. Saya tahu saya berumur 33 tahun dan saya telah bermain di top level selama 15 tahun sekarang- Saya tidak memungkirinya, tapi saya merasa baik-baik saja dan saya ingin terus bermain untuk beberapa tahun kedepan.”


Kembali keatas