fcb.portal.reset.password

Xavi, dalam suatu pertandingan. FOTO: ÀLEX CAPARRÓS-FCB.

Xavi Hernandez berbicara bagaimana keadaan Barca saat ini kepada www.uefa.com, tepat sebelum ditahap yang menentukan musim ini. Gelandang ini optimis dengan leg kedua dari Liga Champions perempat final, ia sangat senang Tito Vilanova telah kembali, menganalisi bagaiman tim bermain dan juga menambahkan bahwa ia mengharapkan kesuksesan dari tim dapat berlanjut.

Seperti yang kita ketahui Tito Vilanova telah kembali dari pemulihannya setelah pasca operasi yang dijalaninya. Dan Xavi mengatakan dengan jelas bahwa ini adalah sangat penting. Mereka telah beberapa saat tanpa manajer, tanpa kepala. Mereka telah bekerja keras, dari Jordi Roura, Altamira dan Edu Pons yang merupakan para staf bahkan para kapten dan juga para pemain muda. Mereka telah bekerja sama dan berlatih keras, tetapi Xavi berkata tetap saja mereka kehilangan orang yang berbulan bulan telah memebuat tim berbicara dan menaruh batu pertama. Dan mereka merindukan semua itu.

Sekarang ia (Tito Vilanova) telah kembali dan dengan penuh kepercayaan diri dan pikiran yang positif mengingat setelah apa yang ia alami. Xavi juga megatakan Tito merupakan contoh untuk mereka semua, dikarenakan semangat juangnya dari derita yang ia alami. Walaupun Tito tidak berada di tempatnya selama dua bulan tetapi mereka tetap berhubungan dengannya dan juga sangat termotivasi dengan sisa dari musim ini. Menurut Xavi, tim melakukan dengan baik di Liga dan berada di posisi yang bagus di Liga Champions. Mereka sangat berharap semuanya akan berjalan dengan lancar dan terlebih lagi untuk Tito, karena Tito layak mendapatkan semua dari yang mereka telah perjuangkan dan bagaimana ia tetap berdiri bagi tim walaupun dalam keadaan sakit.

Menjawab tentang pertandingan melawan AC Milan, Xavi mengatakan itu adalah seperti gambling kepala atau ekor. Ia berkata mereka kurang beruntung di Milan dan tidak bermain bagus sebagai tim terlebih lagi hasil 2-0 adalah hasil yang sangat buruk. Ia tahu jika bermain di kandang sendiri segalanya akan lebih mudah, dengan publik sendiri, dengan bagaimana lapangan yang mereka sukai karena bola dapat mereka kuasai sangat baik. Xavi berfikir semua itu adalah titik balik karena mereka baru saja kehilangan tempat di semi final melawan Real Madrid di Copa del Rey dan itu merupakan pukulan berat bagi Barca. Tapi mereka tak berlarut larut dalam kesedihan dan telah bangkit kembali dan mulai menciptakan serangan depan kembali yang mana kurang mereka mainkan di permainan sebelumnya....

UEFA kemudian menanyakan Xavi sebagai pemain tengah apa yang biasa ia lakukan dalam sebuah permainan, apa tujuannya dalam tiap permainan. Ia mengatakan dalam tiap permainan ia selalu berfikir dan membayangkan bagaimana lawan akan bermain hari itu. Ia berfikir apakah mereka harus menyimpan bola di tengah atau apakah lawan akan memeberikan mereka ruang untuk membuktikan kehebatan di bagian sayap. Xavi selalu mencoba untuk memberikan fluiditas dalam tiap permainan, membayangkan dimana kunci dalam permainan tersebut, menerjemahkan permainan dengan para senior yang telah berpengalaman, membantu rekan sepermainan, bekerja sama.... adalah beberapa hal yang ia lakukan dalam suatu pertandingan. Banyak hal dalam menciptakan kemenangan di suatu pertandingan kata Xavi, yang jelas ia selalu mencoba untuk bermain dengan bagus sebagai individu dan membantu tim untuk bermain sepak bola dengan baik dan menang.

Menyikapi pertanyaan UEFA tentang Xavi yang memberikan operan-operan bola paling banyak dari semua pemain dalam Liga Champions di musim ini, ia berkata: "Tidak sama sekali.” Ia banyak membaca tentang tanggapan tersebut tapi yang selalu ia coba adalah memberikan kesempatan kepada rekan-rekannya. Xavi seperti layaknya bola, ia berada dimana bola pergi.Selalu mencoba mengerti tentang permainan dan memberikan apa yang tim butuhkan, disanalah perannya: menguasai bola, tidak kehilangan bola, menciptakan fluiditas, pergi dari satu sisi ke sisi lain, memiliki ide darimana tim lain akan menyerang. Oleh karena itu Xavi adalah seperti seorang pemain yang lebih berpartisipasi dalam serangan.

Barca memenangkan Liga Champions dua tahun lalu di Webley. Dan apakah penampilan tersebut merupakan penampilan terbaik dari generasi FC Barcelona saat ini, Xavi menjelaskan bahwa dari kemenangan-kemenangan sebelumnya yang telah membawa mereka ke nivel tersebut. Semua orang menghargai dan mengidolakan mereka dan jelas Barca sangat senang telah memenangkan banyak gelar. Dua tahun lalu para pemain bermain dengan sangat baik melawan Manchester United sungguh suatu permainan yang luat biasa saat itu. “ Kami melakukan apa yang kami latih tiap hari, untuk menjadi protagonis dan selalu memegang bola.” Hari itu kita bisa melihat Barca yang luar biasa, tapi pada tahun 2009 di final melawan Manchester kita juga melihat hal tersebut dan juga dalam banyak permainan melawan Real Madrid baik di kandang sendiri atau di kandang lawan. Xavi berkata dalam empat atau lima tahun terakhir adalah tahun yang luar biasa untuk Barca. “ Tapi saya fikir masih ada beberapa permainan besar lagi yang tersisa dari generasi ini dan kami akan menikmati kesuksesan bahkan lebih jauh lagi.” yakin Xavi menutup wawancara dengan UEFA.


Kembali keatas