fcb.portal.reset.password

Tito Vilanova, al Camp Nou. FOTO: MIGUEL RUIZ-FCB.

Tito Vilanova bergabung bersama dengan sejumlah manajer terdahulu yang memenangkan Liga Spanyol di tahun pertamanya di bangku pelatih. Sebelumnya terdapat nama-nama seperti Samitier, Enrique Fernández, Helenio herero, Terry Venables, Louis Van Gaal dan Pep Guardiola Titel ini adalah yang pertama baginya sebagai manajer dari tim utama, walaupun ia telah memenangkan 14 titel sebagai asisten dari Guardiola.

Debut dan titel

Ini adalah kali ketujuh seorang manajer dari Barça di debutnya yang pertama memenangkan Liga, sebuah prestasi yang patut mendapat tempat special, mengingat ia juga berjuang melawan penyakit yang serius di musim ini. Kesuksesan ini bukan saja untuk Tito tapi juga untuk klub sepak bola Barcelona secara umum. Musim 2012/13 harus selalu diingat sebagai Liga nya Tito. Kemenangan Tito juga merupakan titel Liga keempat bagi Barça dalam lima tahun terakhir.

Pelatih Barça ketujuh yang berhasil di debut pertamanya 

Tito bukanlah manajer pertama yang memenangkan Liga di debut pertamanya. Yang pertama adalah di tahun 1944/45, ketika Josep Samitier memimpin tim dengan perbedaab hanya satu poin dengan musuh bebuyutan mereka sepanjang masa, Real Madrid. Enrique Fernández adalah pelatih kedua yang berasil meraih titel Liga di debut pertamanya, di musim 1947/48. Sepuluh tahun kemudian, pada musim 58-59, pelatih besar lainnya dalam sejarah klub mengikuti jejaknya: Helenio Herrera. Manajer dari Argentina ini juga membawa anak asuhnya memimpin diatas Real Madrid.

Kemudian membutuhkan 25 tahun untuk Terry Venables menjadi manajer yang ketiga yang termasuk dalam list vip ini, yaitu di musim 1984/85 tempat pertama setelah Atlético Madrid. Kemudian di tahun 1997/98 datang manajer dari Belanda, Louis van Gaal. Dan akhirnya, Pep Guardiola yang memenangkan secara luar biasa enam titel dalam tahun pertamanya sebagai manajer, termasuk didalamnya Liga Spanyol.

Kembali keatas