fcb.portal.reset.password

Mandzukic, melawan Juventus. FOTO: fcbayern.de

1 - Sama seperti Barça, mereka mempunyai empat Piala Eropa: Tiga pertama dimenangkan di tahun keemasan mereka antara tahun 1974 dan 1976, ketika pelatih mereka adalah Franz Beckenbauer (sekarang presiden kehormatan). Yang keempat dimenangkan di tahun 2001.

2 - Mereka adalah tim yang paling hebat dalam sejarah persepakbolaan Jerman: Mereka telah memenangkan 23 Liga dan 15 Piala. Dan mereka juga salah satu dari sedikit klub yang telah memenangkan Piala Eropa, Piala Winners Cup dan Piala UEFA.

3 - Mereka bermain di Allianz Arena (dijuluki München Arena dalam kompetisi Eropa): Berlokasi di utara ibukota Bavari dengan kapasitas 68.000 orang. Diresmikan pada tahun 2005 unutk menyambut Piala Dunia yang diselenggarakan satu tahun kemudian. Dikagumi di dunia kerena strukturnya yang ultra modern.

4 - Kemenangan paling cepat: Bayern minggu lalu telah memenangkan Bundesliga, ketika masih ada enam putaran lagi yang tersisa untuk diyatakan sebagai pemenang. Belum pernah ada klub yang meraih kemenangan begitu cepat.

5 - Jupp Heynckes, sang pelatih: Pelatih Jerman berusia 67 tahun ini sudah menjadi manajer sejak tahun 2011. Ia sudah berkeliling di dunia sepak bola. Kontraknya berakhir di akhir musim ini dan tidak akan diperbarui lagi.

6 - Absen: Pada semi-final, penyerang Tony Kroos dan pemain bertahan Holger Badstuber tidak dapat bermain karena cedera. Dan pemain depan Mario Mandzukic tidak dapat berpartisipasi karena kena hukuman. Tetapi, Bayern mempunyai pemain skuad yang banyak dan kuat.

7 - Partisipasi di Liga Champions: Sejak kemenangan di tahun 2001, mereka telah berada di final (tapi kalah) di tahun 2010 dan 2012. Di tahun 2011, mereka keluar di putaran 16 dan di tahun 2009 di perempat final.

8 - Pertemuan Terakhir, di  tahun 2009: Pada musim itu, tim yang mengeleminasi mereka adalah Barca. Saat itu anak asuh Pep Guardiola melumpuhkan mereka dengan 4-0 di putaran pertama dan di putaran kedua di Munich seri sudah cukup untuk menyingkirkan mereka.

9 - Persahabatan melawan Barça pada 24 Juli: Kedua klub akan bertemu lagi dalam waktu dekat setelah semi-final di musim panas ini untuk pertandingan amal. Akan dinamakan Piala Uli Hoeness (nama dari Presiden yang sekarang) dan akan dimainkan stadion Allianz Arena.

10 - Pep Guardiola, manajer berikutnya: Pada tanggal 16 Januari, Bayern Munich mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan eks pelatih Barça yang akan mulai bekerja pada musim berikutnya yg dimulai Juni 2013. Pria kelahiran Catalan ini memenangkan 14 gelar dari 19 gelar yang ada dari tahun 2008 sampai 2012. Ia tidak melatih tim manapun musim ini.


Kembali keatas