fcb.portal.reset.password

Marinho dan Giovanni

Dalam sejarah panjang klub, banyak terdapat pemain asal Brasil di FC Barcelona, tapi hanya dua dari mereka yang berhubungan dengan Neymar. Yaitu Marinho dan Giovanni, keduanya juga berasal dari Santos. Kedua pemain tiba di Barça sebagai figur yang besar, walaupun hanya Giovanni yang meninggalkan jejak di etapanya sebagai Blaugrana.

Marinho, seorang bintang yang singkat

Pada musim panas 1974, Mário Peres atau dikenal dengan 'Marinho' sedang menikmati masa masa manis karir nya. Dengan berumur 27 tahun ia telah menjadi kapten pada timnas Brasil pada Piala Dunia di Jerman dan bersinar karena visi nya yang besar terhadap permainan dan tehnik tingkat tinggi khas sekolah terbaik di Brasil.

Ia berasal Santos de Pelé, Marinho bergabung dengan Barça di era Cruyff. Ibunya berasal dari Spanyol jadi ia dianggap berasal dari Spanyol juga tapi Federasi Spanyol tidak menginzinkannya berpartisipasi dalam pertandingan resmi dengan FC Barcelona sampai pertengahan November.

Tapi hasil dari apa yang diharapkan tidaklah terlalu banyak. Pada tahun 1976 ia pindah ke Porto Alegre Internasional, meninggalkan kenangan 37 pertandingan dan enam gol sebagai Blaugrana dan tanpa titel untuk ditambahkan dalam resumennya.

Giovanni, serangan fantasia

Pada tahun 1994, Pele tertarik kepada seorang anak muda dengan kualitas tehnik yang luar biasa bernama Giovanni Silva dan bermain untuk Sãocarlense,Brasil. Tidak kehilangan waktu, ia menariknya untuk Santos dimana sang pemain muda berkembang dengan pesat sampai akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik di Brasil. Bagi Pele, Giovanni merupakan penerusnya.

Dengan kredensial ini, Barça mengambilnya pada musim panas 1996 dengan harapan untuk membentuk sebuah formasi serangan fantasia dengan para bintang lainnya seperti Luis Enrique atau rekan senegaranya Ronaldo. Dengan Barça ia memenangkan dua Liga, Dua Copa del Rey, satu Supercopa Spanyol , satu Piala Winners UEFA dan satu Supercopa Eropa. Ia bermain di 138 pertandingan sebagai Blaugrana dan mencetak 40 gol.

Kembali keatas