fcb.portal.reset.password

Messi, dengan keempat Ballon d´or. FOTO: MIGUEL RUIZ-FCB.


Leo Messi, yang baru saja memperpanjang kontraknya sampai tahun 2018, berusia 25 tahun dan telah bersama dengan Barca selama 13 tahun. Berikut kilas balik 13 momen terpenting dalam karir pemain terbaik dunia ini :

- Debut resmi pertama dengan tim pertama ( 16 Oktober 2004 ): Pertandingan pertama Messi dengan para seniornya adalah di Liga Catalonia yang dimainkan di Montjuïc. Dia bermain menggantikan Deco.

- Gol pertamanya di Liga (1 Mei 2005): Melawan Albacete, di Camp Nou, Messi menerima operan dari Ronaldinho, kemudian pemain kelahiran Argentina ini mengocek Valvuena untuk menutup kemenangan Barca di 2-0. Tahun itu Barca memenangkan gelar Liga yang pertama di bawah era Rijkaard.

- Trofi Joan Gamper melawan Juventus (24 Agustus 2005): Walaupun Messi telah menunjukan kemampuannya, pertandingan nya yang menonjol adalah melawan tim Juventus arahan Capello dalam Trofi Joan Gamper. Pemain asal Argentina ini tak terbendung kan.

- Messi ´ hattrick´ disaat berumur 19 tahun melawan Real Madrid ( 10 Maret 2007) : Hattrick (tiga kali gol) pertamanya dengan tim pertama melawan Real Madrid yaitu di pertandingan el Clasico di Camp Nou. Gol ketiganya terjadi di menit terakhir dari pertandingan, ketiga golnya mengamankan poin untuk timnya.

- Gol seperti Maradona melawan Getafe ( 18 April 2007): Pada saat semi finals di Copa, messi mencetak gol yang tercatat dalam sejarah: Dia menerima bola di tengah lapangan dan meninggalkan semua pemain pertahanan, termasuk penjaga gawang, dan menembakanya ke dalam gawang. Gol tersebut sangat mirip dengan yang dilakukan Maradona di Piala Dunia 1986 melawan Inggris.

 


- Treble (tiga) di Roma (27 Mei 2009): Pemain kelahiran Argentina ini mencetak gol dengan kepalanya melawan Manchester United di Roma dan mengamankan gelar Liga Champions untuk FC Barcelona dan pada saat yang bersamaan, mengamankan treble pertama klub: Copa, Liga dan Liga Champions.

- Ballon d’Or pertama (1 Desember 2009): Setelah menjadi yang ketiga di tahun 2007 dan kedua di 2008, France Football memberikan nama Leo Messi sebagai pemain bola terbaik di tahun 2009.

- Gol dengan ´sepenuh hati ´dan Piala Dunia Antar Klub pertama (19 Desember 2009): Barca melengkapi gelar terakhir di musim itu pada Desember 2009. Di Abu Dhabi, Barca mengalahkan Estudiantes de La Plata terima kasih kepada gol sundulan dada Leo Messi. Barca dapat melengkapi keenam trofy yang ada pada musim itu.


 

-Gol yang menentukan di Wembley (28 Mei 2011): Final Liga Champions melawan Manchester United adalah salah satu yang paling mengesankan di era Pep Guardiola. Messi memasukan gol di pertengahan babak kedua dan klub Blaugrana ini memenangkan gelarnya (3-1).

- Pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub (20 Maret 2012): Melawan Granada di Camp Nou, Leo Messi menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub di pertadingan resmi. Dia mengalahkan Cesar Rodriguez yang memegang rekor sebelumnya; 232 gol.

- 50 goal di Liga dalam satu musim dan Penghargaan Sepatu Emas kedua (12 Mei 2012): Musim 2011/12 ditutup dengan 50 gol dari Messi. Dengan angka ini, ia memenangkan Penghargaan Sepatu Emas yang kedua kalinya.

- Messi mengalahkan rekor Müller (22 Desember 2012): Ia mencetak gol sebanyak 91 gol di tahun 2012 dan mengalahkan rekor Gerd Müller sebanyak 85 gol di tahun 1972.

- Konsekutif Ballon d’Or untuk keempat kalinya (7 Januari 2013): Messi menjadi pemain sepak bola pertama yang pernah memenangkan Ballon d’Or sebanyak empat kali. Dan sebagai tambahan ia memenangkannya secara berturut - turut.

Kembali keatas