fcb.portal.reset.password

Andrés Iniesta, merayakan sebuah gol di Màlaga / FOTO: MIGUEL RUIZ-FCB

[[DES_1]]Andres Iniesta telah menikmati 12 bulan kesuksesan, mempertahankan Piala Eropa dengan timnas Spanyol pada musim panas tahun lalu dan memenangkan gelar Liga sekali lagi dengan Barça. Sekarang setelah Liga berakhir, Iniesta berada di skuad Spanyol untuk persiapan Piala Konfederasi bulan ini . Berikut bincang-bincangnya dengan El Pais:

El Pais. Bagaimana menurut Anda musim ini?

Andres Iniesta: Saya sungguh bangga dengan musim ini. Segala kesulitan yang kami lewati, menjadikannya lebih special. Tidaklah mudah tanpa pimpinanmu untuk beberapa waktu yang lama, tapi kami telah melakukan yang terbaik untuk melewatinya. Posisi seorang manajer tidaklah dapat tergantikan. Pelatih adalah pemimpin kami dan pusat dari segalanya. Kami tahu kami memiliki hal-hal yang harus ditingkatkan dan kami tahu setiap musimnya akan semakin sulit.

EP: Apakah Anda berfikir, tim bermain jelek musim ini?

AI: Tidak, tidak mungkin memenangkan Liga dengan begitu banyak poin jika kamu tidak melakukan dengan cara yang benar, Jika kamu kehilangan fokus sebentar saja maka tim lainnya akan mengejar. Tidak bisa dikatakan kami bermain jelek ketika kami berhasil mencapai 100 poin.

EP: Apakah kekalahan melawan Bayern menandai berakhirnya siklus Barça?

AI: Tidak. Saya tahu banyak orang yang menginginkan siklus kami berakhir, tapi kami masih disini. Anda tidak dapat mengatakan kami bermain jelek setelah apa yang telah kami lakukan dan hanya karena satu kekalahan. Hanya saja kami bermain tidak pada permainan terbaik kami dan mereka menggilas kami. Harus diakui mereka bermain lebih baik dari kami, mereka lebih baik sampai saatnya kita bertemu lagi di musim yang akan datang.

EP: Apakah mengejutkan Anda, bahwa sepak bola Spanyol masih dijunjung tinggi di luar negeri, sedangkan di sini (di Spanyol) sepertinya dipertanyakan?

AI: Kami bermain tidak untuk menjadi contoh bagi siapapun, tapi orang-orang tidak saja menghargai tgaya permainan kami, tapi juga sportifitas kami dalam menjalani usaha kami.

EP: Apa artinya bagi Anda berada di Piala Konfederasi Brasil di tahun 2013?

AI: Adalah sangat penting bagi saya untuk berada bersama tim nasional. Ini memberi kesempatan untuk bermain dalam sebuah turnamen yang saya tidak pernah ikuti dan di Negara yang saya tidak pernah bermain. Pada tahun 2009 saya mengalami cedera, tapi sekarang saya berada dalam kondisi yang sempurna.

EP: Apakah tidak terlalu memaksakan bermain dalam sebuah turnamen kecil setelah bermain di musim yang panjang?

AI. Apakah Anda gila? Terpaksa untuk pergi dan bermain dengan tim nasional Brasil? Tidak mungkin! Saya sangat menunggu-nunggu saat ini. Jika Anda melihat tim lain yang terlibat, ini bukanlah turnamen yang kecil. Saya rasa kami semua termotivasi untuk sebuah titel yang belum pernah kami menangkan sebelumnya, khususnya di Negara yang tergila-gila dengan sepak bola. Saya masih ingat ketika masih kecil, menonton Piala Dunia 1994 di TV dan saya tidak pernah memimpikan bahwa Spanyol akan memenangkannya suatu hari- dan dengan saya didalam tim! Dan sekarang…. Pergi ke Brasil untuk bermain di Maracaná…sebagai Juara Dunia… Dan terlebih lagi, kami mempunyai tanggung jawab sebagai Juara Piala Dunia.

EP. Anda terlihat seperti seorang pahlawan bagi warga Spanyol, apakah Anda merasakan hal tersebut? Apa artinya bagi Anda?

AI: Pahlawan, tidak mungkin ! Saya tahu bahwa para fans menyayangi saya dan mereka menunjukkannya selalu, tapi pahlawan adalah sesuatu yang lain- seseorang yang berjuang melawan suatu penyakit  atau seseorang yang harus pergi dari negaranya untuk mencari kerja dan memberi makan anak-anaknya. Saya merasa terpilih dapat bermain sepak bola dan terkadang saya beruntung dapat membuat orang lain bahagia dengan hal tersebut, mencetak gol atau mengoper bola untuk memenangkan permainan. Lagi pula, saya tidak pernah memenangkan sesuatu sendiri- semuanya dimenangkan bersama sama sebagai tim. Itulah kekuatan kami, mengetahui bahwa kami adalah satu kesatuan tim dan tidak ada yang lebih baik dari yang lain.

Kembali keatas