fcb.portal.reset.password

Pelé, dalam pertandingan denganSantos di Camp Nou pada tahun 1963 / FOTO: ARXIU FCB

Rabu ini merupakan perayaan 50 tahun sejak pertandingan persahabatan terakhir antara Santos dengan Pele dan Barça di Camp Nou. Meskipun penampilan Barça terlihat inferior, tapi pada 12 Juni 1963, Barça memenangkan pertandingan dengan 2-0.

Pada saat itu, Santos FC dianggap sebagai tim terbaik di dunia. Mereka memenangkan piala Interkontinental melawan Benfica, titel yang mereka menangkan kembali pada tahun 1963, kali ini mengalahkan Milan. Tim Brasil dengan bintang mereka Edson Arantes do Nascimento 'Pelé' (kemudian merupakan pemain terbaik dunia) adalah ´ fashion eleven´ di dunia . Dan juga timnas Brasil telah memenangkan Piala Dunia pada tahun 1962. Semua ini membuat pada malam 12 Juni 1963 ekspektasi pendukung barcelonistas sangatlah tinggi.

Suasana yang lebih dibanding permainan

Dua pertandingan sebelumnya yaitu yang pertama, 28 Juni 1959, kesebelasan Brasil menyarangkan gol 1-5 (dengan dua gol dari Pele). Kemudian pertandingan kedua yaitu pada 2 Juli 1960, ketika tim Blaugrana dengan semua kekuatannya dikalahkan dengan 4-3. Pada pertandingan tersebut Pele mencetak satu gol.

Suasana nya saat itu seperti sebuah pesta, tapi sayangnya pertandingan tidak sesuai dengan seperti yang diharapkan . Pele tidak bemain pada hari terbaiknya dan Santos bermain pada permainan yang penuh dengan tehnik pada tidak produktif, sedangkan Barça yang teorinya dibawah mereka memenangkan pertandingan dengan dua gol pada akhir pertandingan dari Pereda (75') dan Zaballa (87'). Pelatih Barça saat itu Josep Gonzalvo menurunkan pemain: Sadurní, Rodri, Garay, Eladio, Vergés, Endériz, Cubilla (Zaballa, 56'), Goyvaerts, Morollón, Re (Pereda, 56') dan Fusté (Szalay, 46') .

Pertandingan Barça sebelumnya dengan Santos

Pelé telah bermain melawan Ladislao Kubala pada pertandingan di Camp Nou tahun 1960. Untuk menutup siklus, hanya kurang bermain melawan Johan Cruyff, yang dilakukaya pada 1 September 1974, dalam sebuah pertandingan trofi Ramón Carranza, di Cádiz, yang dimenangkan oleh Barça 4-1. Bertahun tahun kemudian, pada 25 Agustus 1998, Santos berpartisipasi pada Trofi Joan Gamper yang dikalahkan oleh Barça dalam adu penalty setelah bermain imbang dua sama.

Pertemuan terakhir kedua tim yaitu 18 Desember 2011, yaitu pada final Piala Dunia Antar Klub yang diadakan di Jepang. Saat itu, Barça Messi memenangkan pertandingan dengan 4-0 melawan Santos Neymar. Hari dimana Neymar mengatakan kalimat yang baru-baru ini terdengar kembali,” Dengan Barça kami belajar bagaimana bermain sepak bola.”


Kembali keatas