fcb.portal.reset.password

 

Tito Vilanova, Jordi Roura dan Aureli Altimira sering menyatakan bahwa musim ini bukanlah Liga yang pertama dengan tim utama, tapi yang keempat. Sejak tahun 2008 mereka merupakan bagian dari staf teknis dan sejak saat itu Barça telah menjadi juara di musim 2008/09, 2009/10, 2010/11 dan 2012/13. Hanya terlewat musim 2011/12.

Sebuah fakta yang tidak biasa

Dengan empat kemenangan Liga dalam lima tahun, Barça mendominasi hampir yang paling unik di seluruh kejuaraan Eropa pada tahun-tahun terakhir ini.

Pada kejuaraan Eropa besar lainnya tidak ada yang sebanding dengan mereka. Manchester United, Chelsea dan Manchester City berganti-gantian memenangkan gelar Premier. Pada 'calcio', Inter, Milan dan Juventus juga berbagi gelar pada 'scudetto' yang terakhir dan pada Bundesliga adalah Bayern Múnich dan Borussia Dortmund –masing masing dengan dua – yang mengklaim kejuaraan pada tahun-tahun terakhir ini

Oporto berkuasa di Portugal

Untuk mendapatkan hegemoni yang serupa seperti Barça, perlu melirik Negara tetangga Spanyol, Portugal. Tradisi pembagian titel Primeira Liga dipegang oleh FC Porto dan SL Benfica. Sang´naga´Porto menjumlahkan total 3 liga secara berturut-turut yang berarti empat dalam lima tahun (Benfica menjuarai musim 2009/10). Pada laga terkahir, Porto harus menunggu sampai jornada terakhir untuk memenangkannya.

Perancis, enam juara dalam enam tahun

Olympiacos FC, di Yunani dan F.C. Copenhagen, di Denmark, masing-masing mengkoleksi empat titel dari lima penghargaan terkahir. Dan di Perancis, terdapat enam klub yang berbeda dalam menjadi juara dalam enam tahun.


Kembali keatas