Map of Catalonia with the Barça badge superimposed

Peta Katalonia

Slogan “lebih dari sekedar klub” mempunyai arti yang sangat luas. Mungkin karena keluwesan inilah yang menjadikan slogan tersebut begitu tepat untuk mendefinisikan kompleksitas identitas FC Barcelona, sebuah klub yang berkompetisi dalam pengertian olahraga bermain di lapangan, namun juga setiap hari menaruh kepedulian pada masyarakatnya.

Juga, untuk alasan berbeda, FC Barcelona adalah “lebih dari sekedar klub” bagi banyak orang yang tinggal di tempat lain di Spanyol, yang melihat Barça sebagai pembela yang gigih bagi kebebasan dan hak-hak demokrasi.

Saat ini, sepakbola telah menjadi sebuah fenomena dunia, dan dukungan bagi Barcelona telah menyebar secara spektakuler di seluruh dunia. Jumlah anggota klub dari luar Catalonia dan Spanyol terus bertambah setiap harinya, dan klub ini ingin merespons unjuk semangat yang diberikan untuk Barça tersebut. Hal ini telah berkembang menjadi suatu kebutuhan sekaligus suatu kewajiban. Dan cara yang paling tepat bagi klub ini untuk mewujudkannya adalah mengambil suatu langkah yang lebih jauh serta menjadi “lebih dari sekedar klub di seluruh dunia”. Barça yang begitu peduli dengan para penggemarnya ini perlu mendunia. Barça yang penuh rasa peduli dan rasa kemanusiaan ini perlu mendunia. Ini adalah sebuah keputusan strategis yang selaras dengan riwayat klub ini dan kenyataan bahwa olahraga sepakbola terus berkembang secara global.

Itulah sebabnya klub ini memutuskan untuk menyumbangkan 0,7 persen dari pendapatan umumnya kepada FC Barcelona Foundation agar dapat memulai program kerjasama internasional untuk mengembangkan, mendukung Tujuan Pengembangan Milenium PBB, serta membuat komitmen dalam program bantuan kemanusiaan Unicef melalui sumbangan satu setengah juta euro untuk lima tahun mendatang dan saat ini memasang logo Unicef pada baju-baju kaus mereka.

Sebuah kesepakatan yang menjadikan Barça unik.