Emblem FC Barcelona sebelumnya | Arsip FCB

Sejak awal Barça didirikan, klub ini telah memiliki logonya sendiri yang dengan bangga dipakai oleh para pemain pada kaus mereka. Logo tersebut adalah lambang kota Barcelona, bentuk belah ketupat yang dibagi dalam empat ruang, dengan sebuah mahkota dan kelelawar di atasnya, serta dikelilingi oleh dua cabang, satu adalah pohon laurel dan yang lainnya pohon palem. Bahkan sejak awal mulanya, emblem ini merupakan sebuah cara untuk mengekpresikan keterkaitan klub ini dengan kota di mana klub tersebut dilahirkan.

Logo ini tetap tidak berubah sampai tahun 1910. Segera setelah Gamper menyelamatkan klub ini dari krisis yang serius pada tahun 1908, sebuah keputusan diambil untuk memberikan klub ini emblemnya sendiri yang berbeda. Pada tahun 1910, klub mengadakan sebuah kompetisibagi semua anggotanya yang tertarik untuk mengajukan usulan. Pemenangnya adalah Carles Comamala, yang bermain untuk klub dari tahun 1903 hingga 1912, dan ia adalah seorang mahasiswa kedokteran pada waktu itu, juga seorang seniman. Dan begitulah terciptanya emblem yang dipakai klub hingga hari ini, meskipun ada beberapa variasinya. Emblem tersebut adalah desain berbentuk mangkuk, di mana dua ruang bagian atas mempertahankan Salib St George dan batangan merah dan kuning dari aslinya, yang merupakan simbol yang paling mewakili Barcelona dan Catalonia. Inisial klub FCB tampak pada garis melintang di tengah, dan di bawah adalah warna Barça dan sebuah bola. Jadi, yang kami miliki adalah sebuah emblem yang memberi penghargaan pada dimensi olahraga dari klub serta kaitannya dengan kota dan negaranya.



Sejak tahun 1910, perubahan-perubahan yang dilakukan dalam desain tersebut minimal, biasanya hanya mengubah estetika dan pola yang digunakan sebagai kerangka. Perubahan paling besar terjadi sebagai akibat dari kewajiban politik. Saat Franco berkuasa, huruf-huruf FCB digantikan dengan CFB, untuk merefleksikan bagaimana klub tersebut dipaksa untuk menggunakan versi namanya dalam bahasa Spanyol. Kepemimpinan diktator juga mewajibkan klub menghilangkan dua dari empat batang dari salah satu ruang bagian atas, jadi menghilangkan bendera Catalan dari emblem tersebut. Pada peristiwa ulang tahun ke-50 klub pada tahun 1949, empat batangan ini dikembalikan. Huruf-huruf awal tidak dikembalikan ke asalnya hingga akhir tahun 1974, saat emblem tersebut dikembalikan ke desain 1910 yang asli.

Emblem sekarang didasarkan pada adaptasi yang dirancang oleh desainer Claret Serrahima pada tahun 2002, di mana garis-garisnya sedikit lebih bergaya, titik-titik di antara huruf-huruf tersebut dihilangkan, namanya dibuat lebih kecil, dan ada lebih sedikit ujung-ujung yang tajam. Garis-garisnya dalam desain terakhir sedikit lebih sederhana, untuk lebih memudahkan emblem tersebut dan identitas korporat klub direproduksi dalam berbagai format yang berbeda.