Jersey pertama, FC Barcelona

Jersey pertama, FC Barcelona

Merah dan biru telah ditampilkan pada kaus klub selama lebih dari seratus tahun, dan klub ini dikenal luas sebagai ‘Blaugrana’ merujuk pada nama-nama dari warna-warna ini dalam bahasa Catalan. Namun, meskipun kaus tersebut secara relatif tetap sama dalam desain selama bertahun-tahun, celana pendek tim ini adalah putih selama sepuluh tahun pertama dari sejarah klub, kemudian beralih ke hitam, dan hanya biru dipakai sejak 1920-an.

Tidak saja mengapa Barça awalnya memilih memakai kaus warna-warna ini telah menjadi banyak perdebatan di antara sejarawan klub, dan meskipun beberapa teori telah diungkapkan, tak seorang pun pernah berhasil memberikan bukti mendasar bahwa warna-warna tersebut dipilih karena alasan simbolis tertentu. Tentunya, sebagian besar dari teori tersebut terkait dengan yayasan dan asal-usul dari klub ini. Contohnya, selama beberapa tahun disebutkan bahwa warna-warna Barça diadopsi dari klub Swiss yang telah didirikan oleh Gamper sebelumnya, atau warna-warna tersebut adalah dari wilayah Swiss tempat pendiri tersebut berasal. Sekarang kita tahu bahwa hipotesis ini kemungkinan sangat tidak benar.

Ada teori umum lainnya namun tak terbukti bahwa para pendiri tersebut mendasarkan pilihan mereka pada warna-warna dari pensil akuntansi biru dan merah yang sangat populer pada waktu itu. Dan ada beberapa masukan lainnya yang lebih menjemukan, contohnya masukan yang mengatakan bahwa ibu dari Comamala bersaudara menyediakan para pemain dengan ikat pinggang merah dan biru sehingga mereka dapat membedakan di antara satu sama lain pada saat itu sebelum mereka memiliki perlengkapan mereka sendiri.

Namun, sebagaimana dikemukakan sebelumnya, tak satupun dari teori-teori ini pernah berhasil memberikan bukti pasti mengapa Barça menggunakan warna-warna ini pada awal mulanya. Namun, yang pasti kaus Barça telah menjadi salah satu desain yang paling terkenal dan penuh teka-teki dalam dunia persepakbolaan.