Jersey pertama, FC Barcelona

Jersey pertama, FC Barcelona

Merah dan biru telah ditampilkan pada kaus klub selama lebih dari seratus tahun, dan klub ini dikenal luas sebagai ‘Blaugrana’ merujuk pada nama-nama dari warna-warna ini dalam bahasa Katalan. Namun, meskipun kaus tersebut secara relatif tetap sama dalam desain selama bertahun-tahun, celana pendek tim ini adalah putih selama sepuluh tahun pertama dari sejarah klub, kemudian beralih ke hitam, dan hanya biru dipakai sejak 1920-an.

Diluar hal tersebut, identifikasi warna Barça dengan warna blaugrana, adalah logis dipertanyakan, apakah warna-warna tesebut  merupakan hasil dari pilihan tertentu atau pilihan tersebut memiliki alasan motivsi tertentu.

Di masa lalu telah ada banyak teori seputar bagaimana FC Barcelona memilih warna mereka yang terkenal ini, tapi klub sendiri,  sekarang percaya bahwa ada satu penjelasan yang paling masuk akal dari semua itu.  Dalam versi ini kejadian, keputusan itu datang tidak lama setelah berdirinya organisasi pada bulan November 1899. Pada tanggal 13 Desember, selama pertemuan yang pernah kedua dewan direksi, pemain dan direktur, Arthur Witty mengusulkan kepada pendiri (Klub),  Joan Gamper bahwa warna klub sebaiknya merah marun dan biru. Pilihan cerdas itu didasarkan pada kenyataan bahwa mereka adalah warna yang sama dengan Merchant Taylors Sekolah tim rugby di Liverpool yang ia wakili pada tahun 1893 dan 1894. Secara signifikan, pada bulan April 1899, sebulan sebelum pembentukan FC Barcelona, ​​Barcelona Lawn Tennis klub telah didirikan, yang masih ada hingga kini di bawah nama Reial Club de Tenis de Barcelona. Presiden pertamanya adalah Konsul Inggris, Ernest F.C. Witty, ayah dari Arthur, dan logo klub tersebut juga memiliki warna merah marun dan biru.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa pada tanggal 13 Desember, Joan Gamper melihat tidak ada masalah dalam warna yang diusulkan oleh Arthur Witty, dan juga dikarenakan bertepatan dengan warna-warna dari Basel, salah satu tim sepak bola yang Gamper bermain didalamnya sebelum pindah ke kota Barcelona .