Picture of an old musical score of the 1974 version

Cant del Barça 1974

Pertama kali ditampilkan pada tanggal 27 November 1974, sebelum permainan yang menandai berakhirnya perayaan ulang tahun ke-75. Paduan suara yang terdiri dari 3.600 orang, yang dipimpin oleh Oriol Martorell, berkumpul di lapangan untuk pertunjukan perdana lagu kebangsaan yang baru kepada publik. Liriknya ditulis oleh Josep Maria Espinàs dan Jaume Picas, dan musiknya disusun oleh Manuel Valls. Lagu tersebut dengan cepat meraih popularitas. Para fans menyukainya karena mereka dapat bertepuk tangan saat ritme yang tepat, dan lirik yang dengan sempurna menggambarkan nilai-nilai yang didukung Barça, khususnya semangat untuk menyambut orang dari luar ke dalam masyarakat Catalan, sebuah semangat yang direfleksikan terus dalam keanggotaan klub ini.

Namun, ini bukanlah satu-satunya lagu kebangsaan yang dimiliki klub ini selama bertahun-tahun. Yang pertama dipertunjukkan pada tanggal 17 Juli 1910, saat akhir pertandingan antara tim utama FC Barcelona dan Barça B. Lagu kebangsaan pertama di susun oleh Infantry Regiment Alcántara 58, José Antonio Lodeiro Piñeros, menyambut kedatangan para pemain yang memasuki lapangan yang saat itu berlokasi di jalan Industria. Sayangnya tidak ada rekaman yang dibuat untuk lagu kebangsaan tersebut.

Lagu Kebangsaan 1910

Kemudian pada 25 Februari 1923, lagu kebangsaan kedua diperdengarkan. Liriknya ditulis oleh Rafael Folch i Capdevila dan musik oleh Enric Morera. Lagu tersebut dinyanyikan oleh paduan suara Orfeó Gracienc, untuk pertama kalinya di stadion lama Les Corts sebagai bagian dari persembahan sepak bola Catalan bagi Joan Gamper. Sesuai dengan suasana yang penuh puja-puji pada waktu itu, liriknya menggambarkan hubungan antara “olahraga dan bangsa Catalan ”.


Lagu Kebangsaan 1923

Kemudian, pada waktu ulang tahun ke-50, Esteve Calzada menulis lirik dari lagu kebangsaan yang baru, yang dibuat musiknya oleh Joan Dotras. Lagu itu berjudul 'Barcelona, sempre amunt!' (‘Selalu Membela Barcelona!), dan meskipun suasana politik pada waktu itu, lagu tersebut ditulis dalam bahasa Catalan.

Lagu Kebangsaan 1949

Josep Badia, pada tahun 1957, juga menggunakan bahasa Catalan dalam liriknya pada lagu kebangsaan yang ketiga, 'Himne a l’Estadi' (Lagu Kebangsaan untuk Stadion), untuk peresmian Camp Nou. Ini adalah kali pertama kata 'Barça' muncul dalam lagu kebangsaan klub, yang musiknya disusun oleh Adolf Cabané.

Lagu Kebangsaan 1957

'El Cant del Barça' begitu suksesnya sehingga semua lagu kebangsaan sebelumnya segera terlupakan, bahkan juga 'Himne de l’Estadi' yang merupakan lagu resmi pada tahun 1974. Dan saat ini telah menjadi bagian dari tradisi klub yang sedemikian rupa sehingga dalam 40 tahun kemudian, tak seorangpun berani membayangkan akan perlunya lagu kebangsaan yang baru. Lagu kebangsaan yang ditulis oleh Club Centenary, berjudul 'Cant del Centenari', pertama kali ditampilkan pada tanggal 22 September 1998, dengan lirik oleh Ramon Solsona dan musik oleh Antoni Ros Marbà, namun terlihat jelas sejak awal bahwa lagu tersebut hanya akan digunakan dalam perayaan itu saja.

Lagu Kebangsaan 1974 (lagu kebangsaan saat ini)


Lagu Kebangsaan 1974 (Aransemen)
Diaransemen oleh Wind Band dengan komposer dan konduktor Josep Roda Batlle.


Lagu Kebangsaan Perayaan Seratus Tahun